Kaba Pasaman

Dorong Program Pasaman Ber-Imtaq, Bupati Serahkan 10 Sepeda Motor Untuk Penyuluh Agama

Pasaman, kaba12.com — Memasuki tahun ketiga masa pengabdian di periode kedua Bupati Pasaman H. Benny Utama pertajam implementasi 10 program prioritas pembangunan Pasaman yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ((RPJMD) tahun 2021 – 2026.

Khusus program pembangunan manusia’ seperti Program Pasaman Cerdas, Pasaman Sehat dan Pasaman Berbudaya, memang sudah berjalan dengan penganggaran APBD Pasaman.

“Ada satu program dan itu paling utama yakni Pasaman Beriman dan Bertaqwa, yang implementasinya masih kurang. Saya sangat berharap, jajaran Kemenag Pasaman membantu menyusun program ini, agar bisa kita anggarkan serta buat regulasinya,” kata Bupati H. Benny Utama.

Hal itu ditegaskan Beny Utama, usai penyerahan 10 unit sepeda motor untuk para penyuluh agama dan hibah 5 persil tanah Pemkab. Pasaman untuk lokasi pembangunan Kantor Urusan Agama di lima kecamatan di Kabupaten Pasaman, Selasa (29/11) pagi di halaman Kantor Kemenag Pasaman yang dihadiri Kepala Kantor Kemenag Gusman Piliang, para pejabat Kemenag, Kepala KUA, Kepala MAN dan MTsN serta para Penyuluh Agama se-Kabupaten Pasaman

Dalam kesempatan pidato lepas hampir 60 menit saat itu, Bupati Benny Utama memaparkan konsep Pembangunan Manusia Pasaman seutuhnya.

Menurut bupati, selain kesehatan, intelegensia atau kecerdasan, peluang usaha serta ekonomi, yang lebih penting lagi dalam konsep Pembanguan Manusia adalah membangun spiritualnya.

Disebutkan, seorang manusia yang sehat, cerdas dan mapan secara ekonomi, harus memiliki bentengi iman-taqwa dalam dirinya.

“Saya harap teman-teman Kemenag bantu Saya dengan program Imtaq ini. Nanti penganggrannya kita titipkan di Bagian Kesra karena bersumber dari APBD, dan eksekusi programnya oleh jajaran Kemenag,” kata bupati lagi.

Tentang 10 unit sepeda motor untuk para penyuluh agama di kecamatan, baru merupakan tahap awal yang dimulai diakhir tahun 2022 ini.

Selanjutnya tahun depan, Bupati Benny Utama telah berkomitmen melengkapi sarana untuk seluruh tenaga penyuluh agama yang berjumlah 21 orang di Pasaman.

“Kenapa hanya 10 sepeda motor yang sekarang, saya ingin tahun ini cukupkan jadi 12, karena KUA kita ada di 12 kecamatan,” tegasnya.

Ikut disinggung bupati masalah honor penyuluh agama yang masih kecil, dan perlu ditingkatkan di tahun berikutnya.

Bupati Benny Utama yang mengaku bangga dan bahagia bisa hadir di tengah-tengah jajaran kementerian agama saat itu, juga sempat menjelaskan implementasi program Pasaman Terakses.

“Pembangunan infrastruktur Pasaman sekarang adalah menggempur daerah pinggir. Karena konsep pembangunan itu harus merata dan berkeadilan,” jelasnya.

Tahun anggaran 2023 sudah dialokasikan Rp.23 milyar untuk akses jalan di Kecamatan Mapattunggul Selatan, Rp.21 milyar di Kecamatan Mapattunggul, serta belasan milyar lainnya untuk akses daerah-daerah tepi lainnya, seperti di Kecamatan Dua Koto, Rao Utara, Tigo Nagari serta lainnya.

“Jalan ke lokasi pusat layanan haji dan umroh terpadu Pasaman di Lubuksikaping, yang akan dibangun Kementerian Agama tahun depan, juga sudah selesai kita aspal tahun ini, dengan dua jalur,” tambah bupati lagi.

Dan penyerahan Aset tetap berupa tanah untuk pembangunan kantor KUA yang dihibahkan Pemda Pasaman, masing-masing berada di Kecamatan Rao, Rao Utara, Rao Selatan, Simpati dan Tigo Nagari.

HARMEN

To Top