Kaba Agam

Dorong Optimalisasi Peran KSB,BPBD Agam Gelar Pelatihan KSB Sungai Landia

Sungai Landia,kaba12 — Dorong optimalisasi peran Kelompok Siaga Bencana (KSB) sebagai garda terdepan dana penanganan darurat kebencanaan di nagari, BPBD Agam gelar sosialisasi dan pelatihan khusus KSB Nagari Sungai Landia, Kecamatan Ampek Koto, di kantor nagari Sungai Landia, Rabu,(27/3).

Sosialisasi yang diikuti 45 personil KSB Nagari Sungai Landia, dibuka Kalak BPBD Agam Budi Perwira Negara, didampingi Kabid. PK BPBD Agam Gusmartahadi, Walinagari Sungai Landia, Ketua BAMUS, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan perangkat Nagari Sungai Landia.

Menurut Budi Perwira Negara, Kalak.BPBD Agam, sosialisasi dan pelatihan yang digelar untuk KSB Nagari Sungai Landia itu, merupakan program lanjutan pembinaan yang dilakukan pihaknya dalam upaya mendorong optimalisasi peran KSB sebagai garda terdepan dalam penanganan darurat kebencanaan di nagari.

Disebutkan Budi, pihaknya sangat mengapresiasi peran aktif dan kepedulian warga yang tergabung dalam KSB Nagari Sungai Landia, sebagai salah satu nagari di kabupaten Agam yang selama ini KSB-nya eksis berperan dalam penanganan kebencanaan di nagari.

Kalak.BPBD Agam itu meyakinkan, keahlian dan penguasaan langkah penanganan darurat kebencanaan menjadi kunci penting dalam upaya menekan dampak kebencanaan yang kerap terjadi, karena hal itu penting sebagai upaya pengurangan risiko bencana yang secara konsisten disosialisasikan pihaknya.

“Kami mendorong peran KSB dalam upaya antisipasi, dan pengurangan risiko bencana, mengingat wilayah kabupaten Agam yang dikenal rentan terdampak bencana, termasuk di wilayah Nagari Sungai Landia, dengan potensi longsor, pohon tumbang dan lainnya. Kami berharap, KSB menjadi garda terdepan untuk pengurangan risiko bencana pada masyarakat, “sebutnya.

-HARMEN-

To Top