Kaba Terkini

Dikunjungi BAZnas Tanah Datar, H.Eldi Zein : Tanah Datar Melepas Kami

Lubukbasung, kaba12.com — Saat menyambut rombongan BAZNas Tanah Datar yang berkunjung ke BAZNas Agam, Ir.H.Eldi Zein,MS, ketua BAZNas Agam dua periode itu menyebutkan rombongan pengurus BAZNas Tanah Datar yang “melepas” mereka.

Pasalnya, saat ini 2 unsur pimpinan BAZNas Agam diperpanjang masa tugasnya, menyusul unsur pimpinan baru masih dalam proses seleksi sesuai tahapan yang sudah ditentukan.

Dihadapan 2 pimpinan BAZNas Tanah Datar, Eldi Zein menjelaskan, saat ini BAZNas Agam satu-satunya yang memiliki 2 kantor, yakni kantor pusat di Lubukbasung dan kantor cabang di Pusyantu Pemkab.Agam di Belakang Balok, Bukittinggi untuk melayani masyarakat wilayah Timur Kabupaten Agam dalam mendistribusikan zakatnya.

Eldi Zein memberi apresiasi khusus pada BAZnas Tanah Datar, karena di awal masa menjabat sebagai ketua BAZNas Agam, Tanah Datar merupakan salah satu daerah pertama yang dikunjungi, “ Alhamdullilah, diakhir masa tugas kami, justru BAZNas Tanah Datar yang melepas kami, “ ungkapnya haru.

Eldi Zein menjelaskan, BAZNas Agam didirikan tahun 1994, dengan nama BAZISDA, periode pertama langsung dikepalai Sekwilda. Periode kedua tahun 1995, juga dijabat Sekwilda, periode ke 3 tahun 2022 dipimpin salah seorang anggota DPRD Agam yakni Rusdi Imam Mulia (alm), tahun 2018 periode ke 4 ketua BAZNAS Agam dipimpin Ketua DPRD Agam Yandril, tahun 2013 periode ke 5 Ketua Asisten II Sekab Agam Isman Imran, dan periode ke 6 dijabat Ir. Eldi Zein, MS.

Ditambahkan, saat ini 2 pimpinan BAZNas Agam diperpanjang masa tugasnya dibantu 15 orang amil pelaksana di kantor pusat 10 orang dan di kantor cabang 5 orang.

“ Secara program, semua kita sama, saat ini BAZNAS Agam, khusus bidang pendidikan ada program Agam Maju, BAZNAS Agam bertanggungjawab didukung dana CSR dari perusahaan yang aktif di kabupaten Agam. Alhamdulillah tahun ini, program Agam Maju, sudah dianggarkan dalam APBD, “ jelasnya.

Dengan berbagai terobosan yang dilakukan, Eldi Zein mengaku optimis, jumlah zakat yang masuk dan dikelola akan semakin tinggi, terutama dengan dukungan pimpinan daerah, seperti halnya yang dilakukan di Tanah Datar.

HARMEN

To Top