Kaba Lifestyle

Diabetes? Ini Gaya Hidup Sehat Yang Perlu Kamu Tiru

Ilustrasi

Diabetes merupakan penyakit metabolik yang umum terjadi dan dapat menyebabkan berbagai komplikasi yang tidak diinginkan. Seperti penyakit jantung, stroke, luka di kaki, gagal ginjal, hingga kerusakan mata. Melakukan perubahan gaya hidup yang sehat diharapkan dapat memperbaiki kualitas hidup penyandang diabetes.

Berikut gaya hidup sehat bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes:

Makan sehat

Mengonsumsi makanan sehat sangat penting ketika menderita diabetes, karena apa yang Anda makan akan memengaruhi gula darah Anda. Tidak ada makanan yang terlarang. Fokus makan hanya sebanyak yang dibutuhkan tubuh Anda.

Makanlah banyak sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Pilih susu tanpa lemak dan daging tanpa lemak. Batasi makanan yang tinggi gula dan lemak. Ingat bahwa karbohidrat berubah menjadi gula, jadi perhatikan asupan karbohidrat Anda.

Olahraga

Jika Anda malas berolahraga, ini saat yang tepat untuk memulainya. Anda tidak harus bergabung di gym dan melakukan olahraga berat. Cukup berjalan kaki, naik sepeda, atau aerobik. Tujuannya adalah melakukan 30 menit aktivitas yang membuat Anda berkeringat dan bernapas sedikit lebih keras hampir sepanjang hari dalam seminggu.

Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter

Temui dokter setidaknya dua kali dalam setahun. Diabetes meningkatkan peluang Anda terkena penyakit jantung. Jadi pelajari angka-angka kolesterol, tekanan darah, dan HbA1c (gula darah rata-rata lebih dari 3 bulan) Anda. Lakukan juga pemeriksaan mata setiap tahun. Kunjungi dokter kaki untuk memeriksa masalah seperti luka di kaki dan kerusakan saraf.

Periksa juga kadar gula darah Anda setidaknya dua kali sehari. Apakah itu masih dalam kisaran yang disarankan dokter. Catatlah sehingga dapat melacak kemajuan dan perhatikan bagaimana makanan dan aktivitas memengaruhi kadar gula darah.

Kelola stres

Ketika stres, kadar gula darah dapat naik. Dan ketika cemas, Anda mungkin tidak mengelola diabetes dengan baik. Anda mungkin lupa berolahraga, makan dengan benar, atau minum obat. Temukan cara untuk menghilangkan stres. Lakukan latihan pernapasan dalam, yoga, atau hobi yang membuat Anda rileks.

Berhenti merokok

Diabetes membuat Anda cenderung memiliki masalah kesehatan seperti penyakit jantung, penyakit mata, stroke, penyakit ginjal, penyakit pembuluh darah, kerusakan saraf, dan masalah kaki. Jika Anda merokok, peluang untuk mendapatkan masalah ini bahkan lebih tinggi. Bicarakan dengan dokter tentang cara untuk berhenti merokok.

Kontrol konsumsi alkohol

Mungkin lebih mudah untuk mengontrol gula darah Anda jika tidak minum terlalu banyak bir, anggur, dan minuman keras. Bila memiliki kebiasaan mengonsumsi alkohol, Anda dapat tetap meminumnya, tetapi jangan berlebihan.

Dibutuhkan waktu dan proses yang panjang untuk mengubah gaya hidup menjadi sehat. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, penderita diabetes akan mempunyai kualitas hidup yang semakin baik.

(sumber: klikdokter.com)

To Top