Kaba Terkini

Dampak Hujan Lebat, Muaro Kandang Direndam Banjir

Palembayan, kaba12.com — Dampak hujan lebat yang terjadi sejak Jumat hingga Sabtu ini, memicu banjir besar di wilayah Muaro Kandang, Nagari Salareh Aia Barat, kecamatan Palembayan, Sabtu,(18/12).

Dampak banjir, tidak memenuhi ruas jalan lintas Sumatera di kawasan itu, termasuk merendam pemukiman penduduk dan areal perkebunan kelapa sawit di wilayah itu. Luapan banjir kali ini, disebutkan jauh lebih besar dibanding musibah serupa sebelumnya.

Sejauh itu, belum diperoleh informasi bentangan areal banjir yang melanda wilayah itu, namun data yang diperoleh kaba12.com, banjir kali ini jauh lebih luas dan lebih parah dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Aparat terkait termasuk tingkat kecamatan masih menghimpun data lapangan terkait bentangan dampak banjir, termasuk pemukiman warga yang terendam, dan areal perkebunan serta sarana lain yang terdampak banjir.

Bahkan, petugas penanganan dampak pasca bencana di wilayah Palembayan, harus menggunakan perahu karet untuk menjangkau kawasan pemukiman warga yang terdampak banjir, dengan mengarungi areal perkebunan kelapa sawit yang terendam banjir.

Menurut Sabirun, Camat Palembayan menjawab kaba12.com Sabtu siang, pihaknya masih melakukan pendataan ke lapangan terkait dampak pasca musibah yang terjadi di wilayah Palembayan, pasalnya, selain banjir, dampak curah hujan tinggi juga menyebabkan longsor yang merusak banyak sarana di kawasan itu.

Disebutkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan jajaran BPBD Agam dan unsur lain di Pemkab. Agam untuk memberi dukungan dalam proses penanganan, termasuk dengan berbagai pihak lain, untuk mengantisipasi dampak pasca bencana di wilayah Palembayan.

HARMEN

To Top