Kaba Terkini

Dampak Hujan Deras, Jalur Jalan Propinsi Ditimbun Longsor di Tantaman

Palembayan, kaba12. –
Dampak hujan lebat yang mengguyur wilayah Palembayan, Minggu, (21/5) sore hingga malam menyebabkan akses jalan propinsi jalur Padang Koto Gadang-Matur, longsor di dua lokasi.

Dua titik longsor terjadi dalam kawasan Jorong Tantaman, Nagari Tigo Koto Silungkang, kecamatan Palembayan dengan ketinggian longsor 1-2 meter dengan bentangan mencapai 10 meter.

Akibat dua titik longsor tersebut, akses jalan provinsi ruas Matur- Palembayan tersekat.

Walau masih bisa dilewati kendaraan roda empat dengan sistem buka tutup, namun kondisi itu sangat rawan bagi pengguna jalan.

Seperti disebutkan Sabirun, camat Palembayan yang memantau kondisi ruas jalan yang tertimbun longsor di Tantaman, Senin, (22/5) menyebutkan, longsor terjadi akibat tingginya curah hujan sepanjang Minggu sore kemarin yang menyebabkan tebing di tepi jalan propinsi itu runtuh.

Disebutkan, tebing tepi jalan yang labil, akibat cuaca panas, membuat kondisi sepanjang ruas jalan propinsi yang berada di perbukitan dan tebing itu, rawan terdampak longsor apalagi jika curah hujan tinggi.

Terkait musibah itu, ulas Sabirun, pihaknya sudah melaporkan kondisi tersebut pada BPBD Agam dan pengelola jalan propinsi Sumbar untuk penanganan lebih lanjut.

Saat ini, akses jalan tersebut masih terganggu, dan pengguna jalan hanya bisa melewati jalur jalan itu dengan sistim buka-tutup, ” kami himbau warga untuk berhati-hati saat melintasi jalur jalan yang terdampak longsor tersebut, ” ulas Sabirun. – HARMEN

To Top