Kaba Terkini

Dahlan Iskan di Vonis 2 Tahun Penjara

Surabaya, KABA12.com — Setelah terbukti tidak bersalah atas dakwaan primer pasal 2 ayat (1) Undang-undang Pembarantasan Tindak Pidana Korupsi, Dahlan Iskan tetap divonis 2 tahun penjara dalam sidang putusan kasus pelepasan aset BUMD Jawa Timur PT Panca Wira Usaha (PWU), Jumat (21/04). Hal tersebut terkait dakwaan subsider pasal 3 undang-undang yang sama.

Hakim Sidang Cakra Pengadilan Tipikor Surabaya, Tahsin menyebutkan Dahlan Iskan dipidana selama dua tahun dalam bentuk tahanan kota dan wajib membayar denda yang telah ditetapkan.

“Menjatuhkan terdakwa dengan hukuman pidana penjara selama dua tahun dalam bentuk penahanan kota. Mewajibkan terdakwa membayar denda sebesar Rp 100 juta dengan ketentuan jika tidak membayar diganti dengan kurungan penjara selama dua bulan,” jelasnya.

Setelah mendengar putusan hakim, Dahlan diberi waktu untuk berkonsultasi dengan tim kuasa hukum. Usai berkonsultasi beberapa saat, Dahlan memilih untuk mengajukan banding atas putusan hakim.

Jaksa menilai, penjualan aset PT Panca Wira Usaha di Kabupaten Tulungagung dan Kediri itu melanggar ketentuan perundangan. Penjualan yang dilakukan Dahlan saat menjabat Direktur Utama ini menelan kerugian negara lebih dari Rp 11 miliar.

Sumber : detik.com dan Kompas.com

(Tim Liputan)

To Top