Kaba Terkini

Ciptakan Kondisi Aman Pada Idul Adha 1438 H

Bukittinggi, KABA12.com — Untuk menciptakan hari raya Idul Adha 1438 H, Senin (28/08) Polres Bukittinggi gelar rapat lintas sektoral. Rapat yang dihadiri seluruh pihak terkait Bukittinggi dan Kabupaten Agam, membahas berbagai terkait keamanan selama Idul Adha.

Rapat yang dipimpin Kapolres Bukittinggi, AKBP Arly Jembar Jumhana SIK MH, dihadiri Walikota Bukittinggi, H Ramlan Nurmatias dan beberapa pihak dari Kabupaten Agam, termasuk beberapa OPD di Bukittinggi.

Kapolresta Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana SIK MH menyatakan Polres Bukittinggi siap memberi keamanan saat umat muslim merayakan hari raya Idul Adha dan mengantisipasi arus kunjungan ke Bukittinggi sebab bertepatan dengan akhir pekan. Untuk Bukittinggi diprediksi arus lalulintas yang cukup padat. Walaupun tidak akan ada pos pengamanan dan pos pelayanan seperti hari raya Idul Fitri, untuk Idul Adha,  konsentrasi pengamanan pada H-2 sampai H+2.

Pemantauan khusus juga akan dilakukan terhadap potensi terjadinya gejolak masalah pangan, jika terjadi kenaikan harga.

Selain itu, ancaman teroris juga perlu diantisipasi, walaupun Bukittinggi terbilang cukup aman.

 Seperti adanya selebaran di Masjid Baitul Jalal beberapa waktu lalu mengatas -namakan ISIS.

 Tidak bisa dipastikan yang melakukan apakah orang hanya iseng atau ada kelompok-kelompok yang ingin menciptakan masyarakat resah.

Pihaknya juga akan lakukan koordinasi dengan panitia kurban, mengenai titik-titik yang digunakan untuk penyembelihan.

Pada tempat-tempat ini kita juga akan lakukan pengamanan.

Pada semua kapolsek, agar juga berkoordinasi dengan pihak walinagari menciptakan keamanan di wilayah masing-masing,” himbau Kapolres.

Sementara, Walikota Bukittinggi, H M Ramlan Nurmatias pada kesempatan itu menyampaikan masalah dengan pangan, Bukittinggi masih surplus.

Potensi kenaikan harga memang perlu dipantau dan diawasi. Pada Bulog juga sudah dikoordinasikan, kalau persediaan beras tidak ada masalah, jangan sampai terjdinya penumpukan bahan pangan.

Kesempatan itu, Kabag Ops Polres Bukittinggi, Kompol Albert Zai juga menyampaikan semua pihak juga harus ikut mengamankan beberapa titik strategis dan pihak yang terlibat, yaitu Brimob kalau memang diperlukan, juga pihak Babinsa yang ada di kenagarian dan kelurahan.

Khusus untuk kota Bukittinggi, Satpol PP agar SK4 diberdayakan dan bisa melakukan pengamanan di beberapa tempat yang dianggap rawan.

(Ikhwan)

To Top