Kaba Terkini

Capaian Vaksinasi di Kecamatan Tanjung Raya Baru 46 Persen

Maninjau, KABA12.com — Capaian vaksinasi Covid-19 di wilayah Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam saat ini baru 46 persen.

Camat Tanjung Raya, Handria Asmi mengatakan, pencapaian vaksinasi masyarakat masih jauh dari target. Meski berada dibawah angka 50 persen, pihaknya bersama Satgas Covid-19 Tanjung Raya terus berupaya mengejar target 70 persen.

“Capaian vaksinasi di Tanjung Raya baru 46 persen dari total sasaran sebanyak 29 ribu orang,” ujar Handria Asmi didampingi Kapolsek Tanjung Raya AKP Yudi Partanto saat dikonfirmasi KABA12.com, Senin (22/11).

Ia mengatakan, pihaknya optimis bisa mencapai target vaksinasi sebesar 70 persen. Untuk mencapai target itu, kata dia, diperlukan kerja keras dan peran serta masyarakat dalam mengikuti vaksinasi.

“Seluruh pihak harus mendukung program vaksinasi ini demi mencapai target kekebalan kelompok atau herd immunity,” katanya.

Saat ini, jajaran Satgas Covid-19 Tanjung Raya tengah berupaya melakukan percepatan vaksinasi kepada masyarakat. Bahkan, layanan vaksinasi gratis itu dilaksanakan setiap hari secara mobile.

“Kita di kecamatan sudah menjadwalkan kegiatan vaksinasi terlaksana setiap hari kecuali pada hari libur. Layanan vaksinasi kita lakukan di tingkat nagari, sekolah, dan jorong,” sebutnya.

Handria juga meminta para walinagari dan wali jorong untuk terus mensosialisasikan vaksinasi kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

“Kerja sama walinagari, wali jorong, tokoh masyarakat, dan elemen lain sangat dibutuhkan untuk mengajak masyarakat melakukan vaksinasi. Sebab, jika mengharapkan dari Satgas kecamatan upaya itu tidak akan berjalan maksimal. Jadi dorongan seluruh elemen diperlukan dalam mensukseskan program vaksinasi ini,” ungkapnya.

Disamping itu, masyarakat juga dihimbau untuk tidak terpengaruh dengan berita hoax soal vaksin yang marak beredar di media sosial.

“Jangan sampai termakan berita hoax terkait vaksin. Vaksinasi ini bertujuan untuk melindungi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga mampu melawan Covid-19 secara maksimal,” ujarnya.

Menurutnya, vaksinasi ini tidak bisa diberikan kepada orang yang memiliki riwayat penyakit penyerta, dan dibuktikan dengan surat keterangan dari medis.

Disisi lain, masyarakat yang sudah divaksin dihimbau untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan agar tidak mudah terpapar Covid-19.

“Penerapan protokol kesehatan diharapkan menjadi sebuah kebiasaan dalam rangka mencegah penularan Covid-19. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan adalah upaya untuk mewujudkan masyarakat yang sehat di tengah pandemi Covid-19,” jelasnya.

(Bryan)

To Top