Kaba Terkini

Bupati Agam Tinjau Bekas Lokasi Kebakaran Lahan

Tiku, KABA12.com — Bupati Agam Indra Catri meninjau lokasi pasca kebakaran lahan di kawasan Lubuak Gadang, Sungai Sirah, jorong Durian Kapeh, nagari Tiku Utara kecamatan Tanjung Mutiara, Senin (22/01).

Sejak sepekan terakhir, tim BPBD Agam dibantu BPBD Pasaman, Pariaman dan TRC PT. Mutiara Agam beserta aparat dan masyarakat setempat bekerja keras memadamkan kebakaran lahan perkebunan sawit milik warga seluas sektiar 13 hektar.

Di lokasi kebakaran, Indra Catri beserta rombongan langsung turun melihat kondisi lahan yang sudah hangus dilahap si jago merah. Bupati juga bertemu langsung dengan pemilik lahan Andan yang mengaku baru mengelola lahan tersebut 5 bulan terakhir.

“Dari 13 hectare lahan yang kami miliki kurang lebih 6-7 hectare sudah dibakar api. Baru 5 bulan ini lahan sama kami, sebelumnya menetap di Bengkulu,” sebut Andan pada Bupati

Menanggapi itu Bupati pun ikut prihatin atas musibah yang dialami Andan, “atas nama pemerintah kabupaten Agam, kami turut prihatin atas musibah ini, semoga setelah ini pemilik bisa mengolah lagi lahan, kedepan mesti waspada,” kata Bupati.

“Ini kebun rawa gambut, sumber apinya tidak diketahui, butuh skill keahlian untuk memadamkan. Syukur alhamdulillah ada hujan yang turun, serta berterimakasih kepada teman-teman tim BPBD dan dari teman Pasaman, Pariaman dan masyarakat yang telah membantu,” ujar Indra Catri.

Meskipun kobaran api sudah tidak lagi, namun Bupati mengimbau masyarakat terutama pemilik lahan untuk tetap waspada, karena akan memasuki musim kemarau dan lahan gambut rentan terhadap api.

Ikut hadir dalam peninjauan itu Kalaksa BPBD Agam beserta jajaran, Kasat Pol Pp dan Damkar beserta personilnya serta Camat dan Polsek Tanjung Mutiara.

(Jaswit)

To Top