Kaba Pemko Bukittinggi

Bukittinggi Raih Penghargaan Kota Sehat 2017

Jakarta, KABA12.com — Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, kembali menerima penghargaan nasional. Kali ini penghargaan diberikan Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek kepada Bukittinggi sebagai Kota Sehat Tahun 2017, yang dikenal dengan Swasti Saba dengan kategori Wiwerda (Pembinaan).

Penghargaan diserahkan oleh Plt. Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pembangunan Daerah, Diah Indrajati dan Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Desentralisasi Kesehatan, Robby Pattiselano bertempat di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri Jalan Medan Merdeka Utara Jakarta Pusat, Selasa (28/11).

Swasti Saba atau Kota Sehat merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah kabupaten kota sehat yang terbagi dalam tingkatan Padapa (pemantapan), Wiwerda (pembinaan) dan Wistara (pengembangan). Kota sehat merupakan kondisi kota bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya beberapa tatanan yang terintegrasi dan disepakati masyarakat serta pemerintah daerah.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas penghargaan ini kepada semua elemen masyarakat kota yang telah ikhlas dalam mewujudkan perilaku hidup sehat. Pihaknya pun berharap penghargaan ini dapat memotivasi seluruh masyarakat Bukittinggi untuk selalu berperilaku hidup sehat.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur dan bangga. Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras kita semua dan tentunya untuk masyarakat Kota Bukittinggi dan kiranya penghargaan ini dapat memotivasi kita untuk selalu berperilaku hidup sehat dan mari kita tingkatkan berbagai kegiatan dan program dibidang kesehatan”, ujarnya.

Sementara itu, ketua Forum Kota Sehat Bukittinggi, Hasnil Syarkawi mengatakan, ada 9 (sembilan) tatanan yang menjadi penilaian kota sehat, yakni ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, kawasan pariwisata sehat, kawasan industry dan perkantoran sehat, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, kehidupan social yang sehat, kawasan pertambangan sehat dan kawasan hutan sehat.

“Kota Bukittinggi meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda karena dari sembilan tatanan tersebut ada lima tatanan yang terpilih. Kami dari Forum Kota Sehat Bukittinggi berkomitmen untuk mewujudkan tatanan dari kota sehat itu. Karena penilaian kota sehat fokus pada adanya proses dan upaya perbaikan kesehatan melalui partisispasi masyarakat yang terorganisir pada forum Kota Sehat,” jelas Hasnil.

Diakuinya, penghargaan yang diraih tersebut tidak terlepas dari perhatian Walikota yang senantiasa memberi inspirasi dan inovasi untuk mewujudkan pembangunan dibidang kesehatan.

(Ophik)

To Top