Kaba Pemko Bukittinggi

Bukittinggi Raih Penghargaan “Anugerah Kota Cerdas Indonesia”

Bukittinggi, KABA12.com — Bukittinggi kembali menerima penghargaan dari pemerintah pusat. Kali ini kinerja pemerintah di bawah kepemimpinan Ramlan Nurmatias dan Irwandi kembali menerima penghargaan “Anugerah Kota Cerdas Indonesia” pada puncak peringatan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden kepada Walikota Bukittinggi, di Gedung II Istana Wakil Presiden Repubik Indonesia, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (11/12).

Walikota Bukittinggi merupakan satu dari 15 Walikota yang menerima Anugerah Utama Kota Cerdas Indonesia kategori Rating Kota Menuju Cerdas (Smart City). Sementara untuk penerima penghargaan tambahan RKCI, dilakukan oleh para Menteri di gedung Dharmapala.

Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla menyampaikan, penghargaan ini merupakan sebuah dorongan agar sebuah kota dapat dikelola dengan baik dan dibantu dengan IT. Ini hanyalah sebuah tools (alat) untuk menyelesaikan masalah sebagai hasilnya.

“Kemajuan IT tidak dapat dihindari, setiap ada kemajuan, ada korban dan tantangan yang dihadapi. Marilah kita cerdas dalam memaknai bagaimana menyelesaikannya. Yang penting jelas pelaksanaannya, smart pemikirannya dan maksimal output nya,” ujar Wapres.

RKCI diinisiasi oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) bersama Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas (APIC) dan Asosiasi Pemerintah Kota Indonesia (APEKSI). Kegiatan ini dilaksanakan untuk melakukan pemetaan sehingga tiap kota mampu menjadi ”kota cerdas” berdasarkan potensi dan karakternya.

Guru Besar ITB, Suhono Harso Supangkat yang juga merupakan ketua APIC menjelaskan, RKCI dilaksanakan untuk mengukur kinerja pengelolaan kota terhadap pelayanan masyarakat. Memberikan gambaran yang lebih komprehensif mengenai kondisi kota dengan permasalahan di dalamnya dan memberikan pedoman bagi stake holder kota dalam pelayanan kota.

“Ini dapat menjadi proses evaluasi berkelanjutan dalam implementasi smart city, sehingga setiap kota nantinya mampu menjadi kota cerdas berdasarkan potensi dan karakter lokal,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias bersyukur dengan prestasi yang kembali diraih Bukittinggi. Namun ia juga mengingatkan, prestasi yang diraih hendaknya tidak membuat puas diri namun sebagai motivasi untuk lebih baik kedepan.

“Prestasi yang diraih ini menjadi bentuk apresiasi atas kerja keras bersama. Terrima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dan aktif bekerja keras guna memperbaiki layanan pemerintahan. Penghargaan yang diterima ini bukan hanya kebanggann bagi pihak pemerintah saja, tetapi kebanggaan bagi seluruh masyarakat kota Bukittinggi,” ujarnya.

(Ophik)

To Top