Kaba Pemko Bukittinggi

Bukittinggi Lima Terbaik Penyelenggaraan Statistik Sektoral 2023

Bukittinggi, KABA12 — Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar terima penghargaan Penyelenggaraan Statistik Sektoral Terbaik 2023 atas hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) pada instansi Pusat dan Pemerintah Daerah Tahun 2023. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh BPS Sumbar di The Balcone Hotel, Rabu (06/12).

Pemerintah Kota Bukittinggi menjadi salah satu dari lima kabupaten kota di Sumbar, yang diberikan apresiasi dalam Program EPSS oleh BPS Provinsi Sumatera Barat.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, diwakili Sekretaris Daerah, Martias Wanto, menyampaikan, Pemerintah Kota Bukittinggi terus mengupayakan penyelenggaraan statistik sektoral Kota Bukittinggi dengan akurasi dan keandalan data mengadopsi prinsip satu data indonesia yaitu standar data, metadata, dan interoperabilitas data.

“Terima kasih kami ucapkan pada BPS Provinsi Sumatra Barat. Dari beberapa tahun terakhir, kita di Bukittinggi sesuai instruksi Bapak Wali Kota, data statistik ini, memang menjadi perhatian penting. Semua lini bergerak untuk mensukseskan satu data Indonesia, khususnya data statistik untuk Kota Bukittinggi sendiri. Karena dengan data ini, pemerintah bisa bergerak untuk lebih mensejahterakan masyarakat dan menentukan arah pembangunan kedepan,” ujarnya.

Martias Wanto, menyampaikan, berpedoman pada hasil EPSS, Pemerintah Kota Bukittinggi akan lebih terarah dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan Statistik Sektoral dan kualitas pelayanan publik di bidang statistik di Kota Jam Gadang.

“Penghargaan ini, tentu menjadi motivasi bagi Kota Bukittinggi sendiri untuk meningkatkan literasi dan pemanfaatan data statistik,” ungkapnya.

Kepala BPS Sumbar, Sugeng Aryanto, menjelaskan, EPSS merupakan penilaian secara sistematis melalui verifikasi dan validasi informasi terhadap hasil penilaian mandiri untuk mengukur tingkat kematangan penyelenggaraan Statistik Sektoral.

“Terima kasih atas kontribusi kepada pemerintah daerah. Ini menjadi salah satu wujud dari upaya mencapai tujuan nasional Indonesia Emas 2045, yang didukung dengan data yang berkualitas dan terintegrasi,” ungkapnya.

Penilaian EPPS meliputi lima domain, di antaranya prinsip Satu Data Indonesia, kualitas data, proses bisnis statistik, kelembagaan, dan statistik nasional. Lima daerah yang mendapat penghargaan dari BPS Sumbar, Kota Padang, Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, Kabupaten Solok Selatan dan Kota Solok.

(Harmen/*)

To Top