Kaba Terkini

BPBD Agam Usulkan Penanganan Dampak Pendangkalan Batang Lolo

Lubukbasung, kaba12.com — BPBD Agam usulkan solusi penanganan dampak pendangkalan aliran Batang Lolo di wilayah Sungai Jariang, Nagari Lubukbasung.

Saat ini, tim teknis BPBD Agam tengah memfinalkan format usulan pada unsur terkait di Pemprov Sumbar dan pemerintah pusat untuk normalisasi aliran sungai Batang Lolo, dengan bentangan perbaikan sepanjang lebih dari 1 km dengan perkiraan alokasi anggaran lebih dari Rp. 1 miliar.

Langkah normalisasi Batang Lolo itu sendiri menjadi solusi paling tepat untuk mengatasi dampak ancaman banjir yang menggerus areal perkebunan dan pemukiman warga termasuk areal TPU Kampuang Baru, Sungai Jariang yang tergerus longsor.

Hal itu disebutkan Ir. Irman, Kabid. KL BPBD Agam kepada kaba12.com, Sabtu, (5/2) terkait dengan upaya penanganan dampak longsor akibat perpindahan aliran sungai Batang Lolo di Sungai Jariang.

Disebutkan, saat ini peta udara, dan proyeksi normalisasi aliran sungai Batang Lolo sedang disiapkan dan dalam waktu dekat akan diajukan pada pimpinan daerah, sebagai opsi solusi jangka pendek untuk mengantisipasi dampak ancaman banjir dan longsor yang lebih buruk

” Kita sudah survei ke lapangan dan sudah melakukan kajian tekhnis yang diharapkan bisa direalisasikan segera, ” ungkap Irman.

Normalisasi aliran sungai Batang Lolo di Sungai Jariang itu menjadi kebutuhan mendesak saat ini, mengingat ancaman ambruknya areal TPU sudah semakin besar termasuk tower SUTET milik PT. PLN sudah berada di lokasi berbahaya.

HARMEN

To Top