DPRD Agam

BIMTEK 2018, Pengayaan Ilmu Anggota Dewan

Pariwara, kaba12.com — DPRD Agam kembali gelar bimbingan tekhnis (bimtek) melibatkan seluruh unsur baik pimpinan maupun anggota serta jajaran secretariat. Bimtek yang digelar pertengahan Juli 2018 tersebut, mulai tanggal 18-20 Juli 2018 bekerjasama dengan Universitas Taman Siswa Padang membedah berbagai hal terkait dengan hal-hal penting sesuai tugas dan tanggungjawab anggota dewan.

Bimtek yang dibuka Ediwira, Rektor Universitas Taman Siswa di Hotel Basko, Padang, Kamis, (19/7) berlangsung hangat dan diapresiasi banyak anggota DPRD Agam, pasalnya materi yang dibahas dalam bimtek tersebut sangat diharapkan sejak lama.

Ediwira, Rektor Univesitas Taman Siswa Padang itu, memberi apresiasi yang tinggi terhadap pimpinan dan anggota DPRD Agam, yang dimasa akhir tugas sebagai anggota legislative menjelang pemilu April 2019 mendatang masih terus belajar dan menimba ilmu.

Hal itu menurutnya positif dan luar biasa, karena pengayaan ilmu dan pengetahuan sangat penting, untuk memaksimalkan peran sebagai bagian pentin dalam pembangunan daerah dan mensejahterakan masyarakat.

Apalagi saat ini, sangat banyak aturan dan regulasi yang mengikat seluruh agenda kerja dan tahapan pelaksanaan tugas dan tanggungjawab anggota dewan dalam kesehariaan, “ bimtek yang digelar sangat positif untuk mendorong lebih matangnya dan pahamnya seluruh anggota dewan dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab sesuai UU yang berlaku, “ ulas Ediwira.

Disisi lain Rektor Universitas Taman Siswa Padang itu, menyebutkan, pihaknya sesuai dengan kerjasama yang dijalin, siap melakukan berbagai program diskusi tidak hanya dalam konteks bimbingan tekhnis, tapi juga agenda pembahasan lain dalam upaya pengayaan keilmuan anggota DPRD Agam mendatang.- ( * )

BIMTEK Penting Untuk Peningkatan Kapasitas

Marga Indra

Ketua DPRD Agam Marga Indra Putra, dalam sambutan pembukaan acara bimbingan tekhnis (bimtek) pimpinan dan anggota DPRD Agam Kamis,(19/7) di Basko Hotel, Padang, menegaskan upaya pengayaan ilmu dan peningkatan kapasitas anggota dewan akan terus dilakukan pihaknya.

Pasalnya menurut Marga Indra Putra, hal itu sangat penting dalam upaya mempersiapkan seluruh anggota dewan dalam menjalani berbagai tugas dan tanggungjawab yang tuntutannya justru akan terus semakin tinggi.

Secara khusus, ketua DPRD Agam itu mengungkap terimakasih dan memberi apresiasi pada pimpinan universitas Taman Siswa Padang yang sudah menjalin kerjasama dengan pihaknya, sehingga program bimtek yang sudah dipersiapkan sejak lama itu bisa terlaksana dengan baik.

Marga Indra Putra menyebutkan, beberapa materi yang akan dibahas dalam bimtek kerjasama DPRD Agam dengan Universitas Taman Siswa Padang itu, tidak hanya secara personal harus dipahami oleh seluruh anggota dewan, tapi juga secara kelembagaan.

Pasalnya, bimtek kalai ini, justru membedah beberapa hal krusial terkait dengan pemahaman tentang kewajiban pejabat/penyelenggara negara termasuk anggota DPRD dalam penyampaian laporan harta kekayaan penyelenggara negara ( LHKPN ).

Selain itu, juga kajian lain tentang pedoman umum rencana kerja pemerintah daerah (RKPD), pedoman penyusunan APBD 2019, dan pembahasan tentang pedoman pemberian dana hibah yang bersumber dari APBD.

“ Banyak muatan yang harus dipahami bersama, sebagai rangkaian dari upaya peningkatan kapasitas anggota dewan yang secara konsisten dilakukan DPRD Agam, “ ujar Marga Indra Putra. (*)

BIMTEK DPRD Agam, Strategis Untuk Semua Unsur

Pelaksanaan bimbingan tekhnis yang dilakukan DPRD Agam selama tiga hari 18-20 Jui 2018 di Basko Hotel Padang yang bekerjasama dengan universitas Taman Siswa Padang itu, sangat strategis untuk semua unsur.

Tidak hanya bagi pimpinan dan anggota DPRD Agam, tapi juga jajaran secretariat yang mengikuti kegiatan tersebut, mengingat agenda yang dibahas justru terkait dengan aspek penting, tidak hanya dalam mendorong sinergi antara pemerintah dan legislative,tapi juga pembahasan rencana kegiatan dan pedoman penyusunan anggran.

Itu sebabnya, seluruh unsur pimpinan dewan masing-masing ketua Marga Indra Putra, para wakil ketua yakni Taslim, Suharman, dan Lazuardi Erman serta seluruh anggota DPRD Agam menghadiri kegiatan tersebut.

Seperti disebutkan Taslim, Lazuardi Erman dan Suharman yang merespon positif kegiatan yang digelar, yang menurut mereka, bimytek yang digelar sangat strategis dan pentin.
Diharapkan, seluruh anggota dewan yang hadir dalam bimtek tersebut, bisa memahami bahwa apa yang dilajkukan bersama tersebut, justru bermuatan penting, tidak hanya untuk pengayaan, peningkatan kapasitas dan mendorong profesionalisme semata, tapi juga untuk memaksimalkan keberadaan anggota DPRD Agam sebagai bagian penting dalam menentukan kemajuan daerah dan kesejateraan masyarakat.

“ Hal ini positif, karena berbagai agenda bahasan, sangat besar manfaatnya untuk mendorong penguasaan berbagai aturan yang digariskan negara dalam memaksimalkan peran, tugas pokok serta fungsi anggota dewan, “ sebut para pimpinan DPRD Agam tersebut.

Berbagai agenda bimtek yang digelar DPRD Agam di berbagai tempat tersebut, disebutkan merupakan bagian dari upaya memacu kualitas, sekaligus memaksimalkan peran anggota dewan dalam mengimplementasikan tugas dan tanggungjawab yang diemban dari masyarakat.-(*)

Untuk Memaksimalkan Peran

Bimbingan tekhnis yang digelar DPRD Agam bekerjasama dengan Universitas Taman Siswa Padang itu, menurut sekretaris DPRD Agam Indra Dt.Baradai melalui Kasubag.Humas-Protokol secretariat DPRD Agam Hasneril merupakan salah satu agenda rutin peningkatan kapasitas dan pengayaan pemahaman tentang berbagai regulasi yang ditetapkan pemerintah.

Seperti halnya bimtek yang digelar selama tiga hari di Padang tersebut, membedah berbagai hal terkait dengan kewajiban pejabat/penyelenggara negera termasuk anggota DPRD dalam penyampaian laporan harta kekayaan penyelengara negara (LHKPN) yang wajib disampaikan anggota dewan selalu penyelenggara negara.

Selain materi LHKPN, bimtek yang digelar di pertengahan Juli 2018 tersebut, juga membedah materi tentang sosialisasi Pemendagri No.22 tahun 2018 tentang pedoman umum rencana kinerja pemerintah daerah ( RKPD) tahun 2019, yang merupakan acuan penting dalam menindaklanjuti berbagai program yang dirancang daerah.

Bimtek kerjasama DPRD Agam-Universitas Taman Siswa Padang itu juga membahas tentang sosialisasi Permendagri No.38 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan APBD tahun 2019, dan sosialisasi Permendagri No.13 tahun 2018 tengang pedoman pemberian hibah dan bantuan sosial yang bersumber dari APBD.

“ Seluruh pemateri didatangkan dan Kemendagri, sehingga bimtek dan diskusi yang dilakukan bisa lebih tajam dan terarah, “ sebut Indra Dt.Baradai.

Disisi lain, ulasnya berbagai materi bimtek, justru menyangkut hal-hal terkini yang sangat dibutuhkan dan harus dipahami seluruh penyelenggara negara, khususnya anggota DPRD Agam mengingat apa yang dibahas terkait dengan tugas yang harus diselesaikan dalam waktu dekat.

“ Kita berharap, dengan bimtek yang difasilitasi sekretatiat dewan tersebut, bisa berjalan maksimal, dalam upaya pengayaan dan mendorong semakin kuatnya kapasitas anggota dewan terkait dengan beragam regulasi yang ada, sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya, “ ulas sekretaris DPRD Agam itu.- ( *)

Kerjasama Taman Siswa-DPRD Agam Diapresiasi

Kerjasama DPRD Agam dengan Universitas Taman Siswa Padang diapresiasi positif para anggota dewan, terutama dalam upaya mendorong peningkatan kapasitas anggota dewan, termasuk memaksimalkan pemahaman terkait dengan tugas dan tanggungjawab yang diemban.

Kerjasama yang dijalin, diharapkan tidak hanya terkait dengan pelaksanaan bimbingan tekhnis yang membedah hal-hal khusus tersebut, tapi juga sebagai bagian dari jalinan kerjasama dan sinergi DPRD Agam dengan kalangan perguruan tinggi.

Rector Universitas Taman Siswa Padang Ediwira dan ketua DPRD Agam Marga Indra Putra, justru sangat memberi aplaus terkait dengan kerjasama yang sudah sejak lama dibangun tersebut , bahkan diharapkan kerjasama tersebut berlanjut dengan membahas berbagai isu-isu penting lain, terkait dengan bedah regulasi terbaru.

“ Bahkan, kami siap memberi dukungan, jika DPRD Agam menggelar bimtek terkait dengan persiapan dan pelaksanaan pemilu 2019 mendatang, “ sebut Ediwira.

Disisi lain, ketua DPRD Agam Marga Indra Putra menyambut baik bimtek yang digelar, apalagi dengan menghadirkan berbagai pemateri dari jajaran terkait dari kementerian dalam negeri serta unsur lain yang bisa mendorong pencapaian target peningkatan kapasitas yang secara konsisten dilakukan DPRD Agam.

“ Kami akan terus lakukan pengayaan ilmu dan pengetahuan tentang berbagai hal, sebaga salah satu agenda rutin di DPRD Agam, dalam upaya peningkatan kapasitas, sehingga peran dan fungsi anggota dewan bisa semakin maksimal di berbagai aaspek, “ ulas Marga Indra Putra.- ( *)

To Top