Kaba Bukittinggi

Banyak Warga Bukittinggi Laksanakan Shalat Idul Adha 1443 H Hari Sabtu

Bukittinggi, KABA12.com — Penetapan 10 Zulhijjah 1443 H atau tahun 2022 ini, memang terdapat perbedaan. Pemerintah Kota Bukittinggi melaksanakan Shalat Idul Adha pada tanggal 10 Juli 2022, namun demikian tidak sedikit pula masyarakat yang melaksanakan Shalat Idul Adha pada Sabtu 9 Juli 2022.

Salah satunya, pelaksanaan shalat Idul Adha di Masjid Jami’ Tarok. Meskipun dalam proses pembangunan kembali, namun jamaah tetap memenuhi masjid ini, untuk mengikuti shalat Idul Adha.

Ketua pengurus Masjid Jami’ Tarok, H. Irman, menjelaskan, kesepakatan pengurus, Niniak Mamak dan Alim Ulama setempat, 10 Zulhijjah jatuh pada harj Sabtu (09/07). Hal ini didasarkan pada informasi Jamaah Haji yang sudah melaksanakan Wukuf di Arafah pada Hari Jumat (08/07) kemarin.

“Sehingga kami berkeyakinan 10 Zulhijjah jatuh pada hari ini. Namun demikian, bagi warga yang melaksanakan Shalat Idul Adha besok, tetap kita hormati. Jangan perbedaan penetapan 10 Zulhijjah ini membuat umat Islam terpecah belah. Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 H. Mohon maaf lahir dan batin,” ungkapnya.

Khatib Idul Adha di Masjid Jami’ Tarok, Dr. Ismail Novel, dalam khutbahnya menyampaikan, pelaksanaan ibadah Idul Adha umat Islam berpanutan pada kisah Nabi Ibrahim. Banyak ketauladanan Nabi Ibrahim yang dapat ditiru oleh umat Islam saat ini.

“Nabi Ibrahim, seorang pribadi yang memegang prinsip kebenaran, istiqamah dalam menegakkan kebenaran. Nabi Ibrahim merupakan pribadi yang kritis, tidak terpengaruh dengan kebudayaan dan keyakinan yang ada saat itu. Nabi Ibrahim juga memiliki kematangan berpikir dan kejernihan hati. Nabi Ibrahim, memiliki keluarga yang semangat berusaha mencari nafkah untuk kehidupan mereka. Nabi Ibrahim juga memiliki semangat pengorbanan yang sangat tinggi untuk menegakkan agama Allah,” jelasnya.

Saat ini Masjid Jami’ Tarok, tengah dalam proses pembangunan kembali. Dana bantuan yang telah didapat berasal dari hibah Pemko Bukittinggi dan pokir Anggota DPRD. Untuk tahun ini, Masjid Jami’ Tarok, akan meotong hewan qurban dari para jamaah sebanyak 12 ekor sapi.

(Ophik)

To Top