Kaba Terkini

Banjir Rendam Tiku V Jorong, 100 KK Warga Terisolasi

Lubukbasung, kaba12 — Dampak hujan lebat yang mendera wilayah Kabupaten Agam sejak Jumat pekan lalu, memicu serangkaian dampak terhadap masyarakat.

Sejak dua hari terakhir, akibat hujan lebat, wilayah Tiku V Jorong yang rutin terdampak banjir kiriman akibat luapan air sungai di bagian hulu, terutama kiriman dari Lubukbasung, Palembayan dan Ampek Nagari.

Dampak luar biasa dialami warga Nagari Tiku V Jorong terutama di Jorong Labuhan dan Subang-Subang, dimana banjir Minggu kemarin memenuhi areal pemukiman warga termasuk kawasan perkebunan di wilayah itu.

Saat ini, tercatat setidaknya 100 KK warga Labuhan dan Subang-Subang saat ini terisolasi. Hingga saat ini, warga masih belum tersentuh bantuan, baik dukungan perahu karet untuk proses evaluasi maupun permakanan untuk warga terdampak.

Walinagari Tiku V Jorong Masruadi waktu dikonfirmasi kaba12 Senin, (11/3) membenarkan, saat ini wilayah Labuhan dan Subang -Subang terisolasi, ” setidaknya ada 100 KK yang saat ini terkurung banjir, ” sebutnya.

Masruadi yang turun ke lokasi kejadian sejak Minggu dan Senin ini, untuk menjangkau warga harus mencari jalan memutar, karena dukungan perahu karet tidak diturunkan BPBD Agam dan pihak lain.

” Yang baru membantu permakanan untuk warga terdampak banjir dari PT. AMP. Kita sudah memohon bantuan dari BPBD, mudah -mudahan hari kini turun bantuan ke lapangan, ” sebut Masruadi.

Walinagari Tiku V Jorong itu menyebabkan, terjangan banjir di wilayahnya luar biasa besar, bahkan lebih luas dibanding kejadian- kejadian sebelumnya, bahkan pihaknya bahkan harus esktra maksimal menjangkau pemukiman warga terdampak.

Sejauh ini, sebut Masruadi, tidak ada korban dalam musibah itu, namun pihaknya berharap dukungan perahu karet dan speedboad untuk menjangkau pemukiman warga.

Menanggapi kondisi itu, Sekab. Agam H. Edi Busti, selaku kepala BPBD Agam menyebutkan, pihanya sudah menginstruksikan seluruh personil turun ke berbagai lokasi terdampak bencana di Agam, termasuk di 3 lokasi yang harus segera diatasi, terutama di Labuhan, Subang-Subang, longsor di Panta Sungai Landia dan pohon tumbang di Dama Cikuciang.

” Saya sudah instruksikan seluruh titik diatasi hari ini, termasuk dukungan Dinsos Agam untuk bantuan permakanan untuk warga terdampak banjir di Tiku V Jorong. Hari ini kita atasi, ” tegasnya serius.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Kalak BPBD dan Dinsos Agam terkait bantuan untuk warga, ” kita upayakan segera diatasi, ” tegasnya serius.

Sementara, informasi yang diperoleh kaba12, saat ini BPBD Agam kini bergerak lamban dalam mengatasi berbagai dampak kebencanaan yang terjadi sejak Jumat pekan lalu, padahal banyak kejadian yang membutuhkan dukungan personil tanggap darurat itu.

HARMEN

To Top