Kaba Terkini

Banjir Besar Landa Tapian Kandih, Rumah Warga Terendam, Akses Jalan Tersekat

Palembayan,kaba12 — Dampak curah hujan tinggi yang mendera mayoritas wilayah Kabupaten Agam sepanjang Kamis, (7/3) juga menyebabkan banjir di wilayah Tapian Kandih, Kecamatan Palembayan.

Akibat banjir, puluhan rumah warga terendam genangan air yang cukup tinggi, bahkan di beberapa lokasi, warga terpaksa mengungsi dengan mengamankan peralatan rumah tangga ke lokasi yang lebih aman.

Genangan air juga menyebabkan akses jalan propinsi di kawasan itu tersekat sehingga menyebabkan banyak kendaraan terjebak, karena tingginya air yang memenuhi badan jalan.

Informasi yang diperoleh kaba12 dari Jefri, tokoh masyarakat setempat, luapan banjir dari aliran sungai Batang Masang yang merendam wilayah Tapian Kandih, akibat terjangan hujan lebat yang terjadi sejak Kamis siang.

Bahkan, sebagian warga harus mengungsi karena air semakin tinggi, untuk menyelamatkan diri dan peralatan rumah tangga mereka, “ warga harus mengevaluasi barang-barang ke tempat yang lebih aman, “ sebut Jefri.

Informasi yang diperoleh di lapangan, dampak banjir juga diprediksi meluas sampai ke perkampungan penduduk yang berada di dalam wilayah tersebut. Hingga kini, warga masih berjaga-jaga di seluruh rumah mereka yang terendam banjir, kuatir debit banjir akan meningkat karena curah hujan masih tinggi.

Hingga Kamis malam, belum diperoleh informasi resmi dari BPBD Agam terkait laporan banjir dan langkah penanganan yang dilakukan di lapangan, karena hingga kini dilaporkan warga belum ada tim BPBD Agam yang turun ke lokasi kejadian.

(HARMEN)

To Top