Kaba Terkini

Awal Tahun 2023, Harga Bahan Pokok di Agam Masih Tinggi

Foto: Bryan/KABA12.com

Maninjau, KABA12.com — Harga sejumlah komoditi bahan pokok di pasar tradisional di Kabupaten Agam terpantau masih tinggi pada awal tahun 2023.

Beberapa jenis kebutuhan pokok mengalami kenaikan pada awal tahun ini seperti cabai merah keriting dan bawang.

Salah seorang pedagang bahan pokok di Pasar Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Yeni mengatakan, tingginya harga kebutuhan pokok di pasaran disebabkan oleh faktor menipisnya pasokan akibat faktor cuaca sehingga petani tidak melakukan panen raya.

“Para petani di daerah produksi tidak melakukan panen raya akibat terkendala cuaca hujan sehingga berdampak pada menipisnya pasokan sejumlah bahan pokok,” ujarnya kepada KABA12.com, Selasa (10/1).

Ia menjelaskan, beberapa jenis bahan pokok yang mengalami kenaikan harga diantaranya cabai merah keriting dijual Rp 48 ribu per kilogram sebelumnya Rp 40 ribu, bawang merah Rp 40 ribu per kilogram sebelumnya Rp 25 ribu, dan cabai rawit Rp 60 ribu per kilogram.

Selain itu, sejumlah komoditas sayur mayur juga terpantau mengalami kenaikan, yakni lobak/kol dijual Rp 8 ribu per kilogram sebelumnya Rp 6 ribu, buncis Rp 15 ribu per kilogram sebelumnya Rp 12 ribu, kentang Rp 14 ribu per kilogram, dan tomat Rp 16 ribu per kilogram sebelumnya Rp 14 ribu.

“Mayoritas harga beberapa bahan pokok itu naik semenjak seminggu yang lalu. Untuk cabai rawit hijau naiknya sudah lama, sejak akhir tahun 2022 lalu,” ungkapnya.

Sementara jenis bahan pokok yang dijual dengan harga standar atau tidak mengalami kenaikan diantaranya wortel Rp 14 ribu per kilogram, dan bawang putih Rp 24 ribu per kilogram.

Sedangkan untuk sayur-sayuran yang mengalami turun harga yakni daun sop dijual Rp 18 ribu per kilogram sebelumnya Rp 30 ribu, dan bawang prei Rp 7 ribu per kilogram sebelumnya Rp 10 ribu.

“Untuk daun sop dan bawang prei ini harganya turun seiring dengan pasokan yang sangat melimpah. Sebelumnya harganya sempat naik pada akhir tahun 2022. Sekarang sudah turun lagi,” katanya.

(Bryan)

To Top