Kaba Terkini

Areal TPU Terancam Longsor, Dinsos Agam Bantah Ada Mayat Yang Hanyut

Lubukbasung, kaba12.com — Dinas Sosial Agam bantah ada mayat yang diduga hanyut akibat longsoran tebing di kompleks Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pemkab.Agam di Kampung Baru, Sungai Jariang, Lubukbasung.

Namun diakui, potensi ambruknya lahan TPU Pemkab.Agam saat ini kondisinya sangat menguatir-kan, bahkan jika tidak dilakukan langkah-langkah antisipasi, akan menyebabkan areal yang sudah dimanfaatkan untuk penguburan banyak warga, terutama yang tidak diketahui identitasnya akan ambruk dikikis longsor.

Bantahan adanya kuburan berisi mayat yang hanyut akibat longsor di kompleks TPU Pemkab.Agam itu, ditegaskan Arfi Yunanda, Kabid.Linjamsos Dinsos Agam yang Kamis sore kemarin,bersama Kasi. Kedaruratan Dinsos Agam Feri Dunda, mencek lokasi makam, yang saat ini kondisinya menguatirkan.

Disebutkan Arfi Yunanda, sesuai hasil investigasi yang dilakukan tim Dinsos Agam, bahkan hasil koordinasi dengan petugas pemakaman, tidak ada makam pekuburan yang ikut dihanyutkan longsor saat aliran sungai Batang Lolo meluap dan mengikis tebing kompleks pemakaman.

“ Tidak ada kuburan yang hilang akibat longsor itu. Kalau kondisi areal memang saat ini, sangat menguatirkan, “ sebut Arfi Yunanda.

Disebutkan Arfi Yunanda, pihaknya dari jajaran Dinsos Agam mengklarifikasi pemberitaan kaba12.com sebelumnya, seperti disampaikan Indranova Dt.Panduko Basa, pj.walinagari Sungai Jariang Lubukbasung yang menyebutkan setidaknya sudah 10 makam yang hanyut dibawa longsor dampak hantaman aliran sungai Batang Lolo yang semakin meluas beberapa waktu belakangan, pasca hujan lebat yang terjadi di wilayah Lubukbasung pekan lalu.

Terkait dengan langkah penanganan terhadap kompleks TPU Pemkab.Agam yang terancam ambruk, bahkan sebagian areal sudah dihantam longsor, yang saat ini semakin memperlebar aliran sungai Batang Lolo.

HARMEN

To Top