Kaba Terkini

Antisipasi Sampah Bertaburan, DLH Agam Atur Jam Pungut Sampah

Lubukbasung, kaba12.com — Antisipasi sampah bertaburan di berbagai lokasi, terutama di jalur jalan utama kota, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Agam atur jadual pengambilan sampah yang di tempat-tempat khusus yang disediakan container.

Jadual khusus itu, sebagai program uji coba tim kebersihan DLH Agam, sesuai jadual yang diumumkan pada masyarakat jadual pengambilan sampah di container khusus setiap hari, tanpa menempatkan tempat pembuangan sampah secara permanen di titik yang sudah ditentukan.

Hal itu dijelaskan Arief Restu, Kepala DLH Agam menjawab kaba12.com termasuk pola pengambilan sampah di kawasan kota Lubukbasung yang diberlakukan saat ini.

Dijelaskan, pola baru yang diterapkan DLH Agam itu, diharapkan bisa mengantisipasi sampah yang bertaburan di sekitar lokasi tong sampah ditempatkan, ulah hewan-hewan liar, termasuk sikap warga yang masih tak “bersahabat” dengan tempat pembuangan sampah, karena sampah-sampah banyak yang tidak masuk ke dalam tong, bahkan dibuang begitu saja di tepi jalan.

Langkah ini, sebut Arief Restu diharapkan bisa membangun budaya peduli lingkungan, mengingat sampah menjadi salah satu persoalan serius yang secara optimal akan diatasi pihaknya dengan berbagai upaya.

“ Kita berharap, pola ini efektif, sehingga proses pengambilan sampah bisa teratur setiap hari, dan jalur jalan pusat kota bersih dari taburan sampah, termasuk tidak ada lagi sampah-sampah yang dibuang ke dalam bandar, “ ungkap kepala DLH Agam itu.

Diakuinya, saat ini pihaknya berupaya mencari beragam solusi untuk mengatasi masalah sampah, khususnya yang berserakan di tepi-tepi jalan, termasuk di sekita tempat penampungan sementara karena akan sangat mengganggu warga.

HARMEN

To Top