Kaba Terkini

Antisipasi Banjir di Simpang Talago, Pemkab.Agam Bangun Saluran Drainase

Lubukbasung, kaba12.com — Untuk mengantisipasi ancaman banjir yang rentan terjadi di wilayah Lubukbasung, khususnya Padang Baru, mulai dari kawasan kompleks Pasar Padang Baru, sampai ke jalur simpang IV Talago Pemkab.Agam mulai bangun saluran drainase.

Pembangunan saluran drainase yang sengaja digali bagi tepi jalan mulai dari Simpang IV Talago sampai ke tepi aliran sungai Banda Talang, diyakini menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah banjir yang selama ini menjadi ancaman rutin, jika curah hujan tinggi di wilayah Lubukbasung.

Menurut beberapa warga Talago, pembangunan saluran drainase dengan lokasi pembuangan ke aliran sungai Banda Talang itu, dinilai cukup efektif, namun tetap harus dilakukan control, pasalnya jika tidak diawasi akan tetap dipenuhi tumpukan sampah.

“ Kita berharap, dengan dibangunnya saluran drainase itu bisa menjawab keluhan masyarakat karena selalu dilanda banjir jika curah hujan tinggi, karena dampak banjir tidak hanya memenuhi badan jalan, tapi sampai merendam pemukiman bahkan areal perkebunan masyarakat, “ ungkap Rudi St.Pamenan, warga Simpang Talago kepada kaba12.com.

Hal serupa disebutkan Yudi Mardianto, warga yang kerap dilanda banjir jika curah hujan tinggi di kawasan Ujuang Labuah, wilayah yang selalu terdampak banjir jika kawasan Padang Baru sampai Simpang Talago dilanda banjir yang menyebutkan, kegiatan pembangunan saluran drainase itu diharapkan bisa mengatasi masalah banjir di kawasan itu.

Diharapkan, antisipasi dan penanganan persoalan banjir akibat banyak tersumbatnya saluran bandar saluran air dan drainase tepi jalan itu, bisa dilakukan di berbagai titik, mengingat beberapa tahun belakangan mayoritas wilayah Lubukbasung sangat rentan terdampak banjir jika curah hujan tinggi.

HARMEN

To Top