Kaba Agam

Andil Besar KSB Dalam Kesiapsiagaan Bencana di Nagari

Palupuah, KABA12.com — Kelompok Siaga Bencana (KSB) Nagari Kotorantang kecamatan Palupuah Agam sebagai mitra Badan Penanggulangan Bencana kembali memperkuat barisan bersama anggota yang berkekuatan 51 melalui pembekalan kesiapsiagaan bencana yang diberikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam.

Kegiatan itu dilaksanakan, di aula kantor walinagari Kotorantang, Kamis (27/06), dan dibuka secara resmi walinagari setempat Sy. Dt. Batuduang Dilangik.

Walinagari Kotorantang, Sy. Dt. Batuduang Dilangik saat membuka pelatihan menyampaikan, setiap kejadian bencana yang terjadi di Palupuah adalah tanggungjawab bersama, terutama KSB yang merupakan perpanjangan tangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang ada ditengah masyarakat nagari.

“Hendaknya kita secara bersama-sama bertanggung jawab atas bencana yang terjadi di Palupuah,” sebutnya.

Dia juga menyebutkan, pemerintah nagari setempat terus berupaya menganggarkan penanggulangan bencana, baik untuk pelatihan, hingga pengadaan sarana dan prasarana kebencanaan. Hal itu dilakukan agar setiap terjadi bencana dapat segera ditangani secara bersama.

“Kelompok siaga bencana itu diharapkan betul-betul kita siaga, mengingat daerah kita merupakan wilayah rawan bencana yang selalu siaga,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penanggulangan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam, Yunaidi mengatakan pelatihan ini digelar bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan terhadap anggota KSB tentang daerah risiko bencana. Serta juga memberikan pengayaan materi tentang konsep relawan kebencanaan.

Menurutnya, kesiapsiagaan diri itu lebih besar dari bantuan orang lain sekitar 34,9 persen, daripada bantuan tetangga yang hanya 28.1 persen, serta bantuan dari orang lewat sekitar 2,6 persen.

“Jadi kesiapan diri itu lebih besar dan perlu mendapat pengetahuan, keterampilan sebelum, saat dan sesudah bencana,” katanya.

(Jaswit)

To Top