Kaba Terkini

Aktivitas Erupsi Marapi Makin Tinggi, Kolom Abu Capai 1 KM

Foto : dok. BPBD Agam

Lubukbasung, kaba12.com — Aktivitas eruspi Gunung api Marapi dalam beberapa hari terakhir makin tinggi. Bahkan, ketinggian kolom abu yang disemburkan dari kawah gunung tersebut sudah mencapai 1 km, sehingga mengundang kekuatiran masyarakat.

Saat ini, status waspada level II masih diberlakukan, namun unsur terkait dalam penanganan dampak bencana memaksimalkan pengawasan pada warga agar tidak memasuki area yang dilarang dengan radius 3 km dari puncak gunung.

Hingga Jumat, (13/1) pagi, aktivitas erupsi sejak Sabtu,(7/1) pekan lalu tercatat sebanyak 162 kali, hasil pantauan pos pantau Gunung api Marapi dan BPBD Agam, dengan kondisi puncak gunung yang kerap tertutup kabut tebal.


Pemantauan aktivitas Gunung api Marapi di sentral informasi Pusdal. Ops. BPBD Agam, Lubukbasung.

Seperti dijelaskan Bambang Warsito, kepala BPBD Agam Jumat,(13/1) menjelaskan, aktifivas erupsi Gunung api Marapi sejak Sabtu pekan lalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan ketinggian bervariasi.

Disebutkan, sejak Sabtu,(7/1) tercatat sudah 162 kali letusan, bahkan Jumat,(13/1) pagi tercatat sebanyak 6 kali, “ diprediksi, erupsi masih akan terjadi, dimana pihak PVBMG masih memberlakukan status waspada level II.

” Kami himbau masyarakat tetap wasapada, bahwa status dan tidak melakukan aktifitas di radius 3 km dari kawah puncak gunung Marapi, “ ulas Bambang Warsito.

Sementara tim BPBD Agam saat ini sudah disiagakan untuk mengansitipasi berbagai kemungkinan termasuk intensif melakukan pemantauan bersama unsur terkait menyikapi perkembangan aktivitas Gunung api Marapi tersebut.

HARMEN

To Top