SMKN 2 LUBAS

Agam Sentral Perkebunan, ATAN-APHP Makin Potensial

Lubukbasung, kaba12.com — Kabupaten Agam yang dikenal sebagai sentral perkebunan kepala sawit termasuk berbagai jenis komoditi perkebunan, termasuk sayuran di wilayah Timur menjadi salah satu perhatian khusus SMKN 2 Lubukbasung dalam mendorong pengembangan potensi siswa.

Saat ini berbagai upaya terus dilakukan, terutama dengan membuat terobosan baru tentang tanaman pangan memanfaatkan lahan yang ada di kawasan kampus SMKN 2 Lubukbasung di Sungai Jariang.
Menurut Yandwi Syafrijen, guru pembinaan bidang pertanian SMKN 2 Lubukbasung, program bidang pertanian sesuai jurusan agribisnis tanaman (ATAN) dan agrobisnis pengolahan hasil pertanian (APHP), para dilatih untuk betul-betul mencintai dan menggarap lahan yang disediakan untuk ditanami berbagai jenis komoditi.

Sesuai teori yang diperoleh di bangku sekolah, para siswa langsung mempraktekkan kegiatan pertanian di lahan yang ada, mulai dari tahapan pengolahan tanah, proses penyemaian bibit, penanaman, perawatan sampai proses panen.

Disebutkan Yandwi Syafrijen, hasil olahan tanaman yang dikelola para siswa, justru dimanfaatkan untuk para siswa sendiri, dengan persentase yang diatur khusus, untuk biaya operasional, keuntungan untuk sekolah yang keuntungannya diberikan untuk para siswa pengelola, “ Alhamdulillah, hasilnya bisa dimanfaatkan anak-anak untuk biaya sekolah bahkan untuk jajan, “sebutnya.

Kedepan, pihaknya merancang beberapa program strategis yang diharapkan bisa melahirkan berbagai inovasi bagi para siswa, yang diarahkan secara professional, sehingga para siswa usai menamatkan pendidikan, bisa menerapkan ilmunya ditengah masyarakat.

HARMEN

To Top