Kaba Terkini

Agam Gelar Sosialisasi Penyelamatan Danau Maninjau

Lubuk Basung, KABA12.com
Dalam upaya menyelamatkan Danau Maninjau dari pencemaran, Pemkab.Agam melalui Dinas Lingkungan Hidup gelar Sosialisasi Pengendalian Pencemaran Dan Penyelamatan Dananu Maninjau di Aula Bappeda Agam, Senin (18/12).

Sosialisasi tersebut dibuka Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria dan dihadiri Asdep Pelestarian Lingkungan Hidup Kementarian Koordinator Perekonomian RI Dida Gardera, Kadis LH Provinsi Sumbar Siti Aisyah, Kepala OPD terkait, Tim Save Maninjau, Wali Nagari se- Kecamatan Tanjung Raya, Ketua Bamus dan Perwakilan Kelompok Perikanan se- Salingka Danau Maninjau.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Agam, Hamdi menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan, menyamakan pemahaman dan komitmen seluruh pemangku kepentingan terkait kondisi Danau Maninjau saat ini, dengan melalui pemaparan dari pakar atau peniliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

“Kegiatan ini merupakan upaya kita untuk bersatu menyamakan tujuan dalam menyelamatkan danau maninjau dengan mendengarkan pemaparan terkait pengendalian pencemaran dan penyelamatan danau dari pakar atau peniliti LIPI yakni, Dr. Cynthia Henny. Dan setelah kegiatan sosialisasi akan diadakan rapat internal dalam menentukan langkah- langkah kedepan untuk penyelamatan danau,”ujarnya.

Sementara itu, Asdep Pelestarian Lingkungan Hidup Kementarian Koordinator Perekonomian RI, Dida Gardera, mengatakan, pada tahun 2009, Sembilan Kementerian sepakat untuk melakukan penyelamatan terhadap 15 danau prioritas, salah satunya Danau maninjau. Namun proses penanganannya belum sesuai dengan harapan.

“Saat ini, kita mencoba intensif untuk menyelamatkan 6 danau terlebih dahulu, salah satunnya Danau Maninjau. Dan pada tahun 2019 kita sudah mempunyai beberapa target yakni, penyelesaian masalah KJA menjadi 6.000 petak KJA, pemulihan lahan pada 10% lahan kritis DTA Danau Maninjau, peningkatan kualitas air danau dan status trofik dan pengurangan sedimen. Kita siap memberikan dukungan sepenuhnya untuk menyelamatkan Danau Maninjau,”kata Dida Gardera.

Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Agam maupun Provinsi Sumbar dan pusat sangat serius dalam menyelamatkan Danau Maninjau, dengan terus melakukan berbagai upaya dan langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di Danau Maninjau.

“Dengan adanya sosialisasi yang terus kita lakukan ini, saya berharap kita dapat menyamakan persepsi kita. Dengan adanya persamaan persepsi itu, mari kita melangkah bersama-sama. Secara perlahan-lahan mari kita urai satu- persatu permasalahan yang ada,”ujar Trinda Farhan Satria.

(Ardi)

To Top