Kaba DPRD Bukittinggi

Buta Mendadak, Sifa Derita Tumor Otak

Bukittinggi, KABA12.com — Nasib kurang beruntung dialami Syaidah Fajriah (8) warga Jorong Darek, Nagari Simawang, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar itu. Gadis mungil yang akrab dipanggil Sifa ini tiba-tiba mengalami kebutaan mendadak sejak 20 Desember 2017 lalu.

Kejadian ini berawal ketika bocah yang duduk di kelas dua SD itu mengalami demam tinggi. Kemudian secara mendadak penglihatannya mulai menurun dan tidak dapat melihat lagi.

Deswita, ibu Sifa, cemas dengan pengakuan anaknya tersebut dan segera membawa Sifa ke Puskesmas pembantu karena tidak ada biaya untuk membawa ke rumah sakit. Bahkan beberapa tetangganya mengira-ngira Sifa terkena roh halus.

“Awalnya demam tinggi dan saat disuruh makan, Sifa tak bisa melihat nasi dan sambal yang akan dimakan. Sifa mengaku tidak ada sakit mata. Makanya langsung di bawa ke puskesmas pembantu saja,” jelas Deswita.

Mendengar kondisi tersebut, M. Nur Idris, ketua umum perantau Simawang Saiyo pusat, melihat langsung kondisi Sifa. Kemudian bersama anggota DPRD Tanah Datar Alimuhar St. Tunaro, ia memeriksakan kondisi Sifa ke RSUD Padang Panjang.

“Dari pemeriksaan itu, Sifa diindikasi mengalami gangguan pada syaraf yang berefek pada penglihatannya. Harua dibawa ke RS M. Djamil Padang. Namun karena keluarga tidak punya BPJS atau KIS, kami minta rujukan ke RSAM Bukittinggi untuk dilakukan CT Scan,” ungkapnya.

Sebelum diperiksa ke RSAM, Selasa (09/01), M. Nur Idris yang juga Ketua Komisi I DPRD Bukittinggi sengaja membawa Sifa dan keluarga ke kantor DPRD Bukittinggi sekaligus meminta partisipasi dari anggota DPRD Bukittinggi, Walikota dan beberapa kepala OPD. Alhasil terkumpul bantuan sebesar Rp 2,7 juta. Untuk keseluruhan bantuan yang sudah terkumpul berjumlah Rp 5,7 juta.

“Setelah dibawa ke RSAM, ternyata pihak rumah sakit memvonis Sifa mengalami tumor otak. Hal ini yang menyebabkan gangguan pada penglihatannya. Kami sangat sedih dan berupaya membantu pengobatannya,” ujar Idris.

Pihak keluarga, termasuk Nur Idris berdoa agar Sifa bisa sembuh kembali. Untuk itu berharap bantuan moril dan materil dari dermawan untuk membantu Sifa disamping bantuan perawatan yang kini sedang diusahakan oleh Pemerintahan Nagari Simawang dan Pemkab Tanah Datar untuk mengurus jaminan kesehatan lewat BPJS.
Bantuan dapat disalurkan melalui Wali Jorong Darek An. FIRMAN di BRI No : 546101013050536 atau rekening M. Nur Idris, BRI, No : 023101000589562.

(Ophik)

To Top