DPRD Agam

Musrenbang RKPD Agam 2023, Novi Irwan : Pemulihan Ekonomi Mesti Jadi Prioritas

Lubukbasung, kaba12.com — Ketua DPRD Agam Dr.Novi Irwan,SPd, MM minta pemerintah untuk memprioritaskan program pemulihan ekonomi pasca pandemic covid-19 di berbagai aspek. Beragam kegiatan yang dirancang, diharapkan berorientasi pada kegiatan pemulihan ekonomi karena hal itu menjadi kebutuhan mendesak bagi masyarakat.

Hal itu disebutkan ketua DPRD Agam saat menjadi pemakalah dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Musrenbang RKPD) tahun 2023 di aula Bappeda Agam, Jumat,(23/3).

Dijelaskan Novi Irwan, saat ini di mayoritas wilayah kabupaten Agam, sesuai aspirasi yang dihimpun para anggota DPRD Agam, masyarakat justru berkeluh-kesah akan sulitnya kondisi ekonomi, bahkan semakin sempitnya ruang gerak usaha karena dampak krisis ekonomi akibat pandemic covid19 yang sejak 2 tahun terakhir mendera bangsa ini.

Masyarakat yang sudah mencari ragam peluang untuk bangkit dari krisis pasca pandemic saat ini makin dihadang oleh kesulitan karena naiknya harga berbagai kebutuhan pokok dan sarana pendukung aktivitas warga, sehingga harapan masyarakat justru hanya bertumpu pada kegiatan yang dilaksanakan pemerintah.

Terkait dengan kondisi itu, Dr.Novi Irwan berharap, seluruh unsur terkait dalam perencanaan kegiatan pembangunan di kabupaten Agam untuk lebih maksimal memutar ide dan pemikiran dalam mendorong kembali gairah ekonomi di berbagai lini di kabupaten Agam.

Diakuinya, saat ini tuntutan masyarakat untuk penyediaan berbagai sarana pendukung kegiatan ekonomi, baik sarana jalan, jembatan, pusat kegiatan ekonomi termasuk program-program yang memotivasi kembali aktifnya kegiatan usaha semakin banyak bermunculan, sehingga perlu kajian lebih khusus untuk memfokuskan program pemulihan ekonomi tersebut.

Ketua DPRD Agam itu berharap, agenda perencanaan yang saat ini dalam proses perancangan, harus dikaji lebih dalam dan detail, dengan prioritas aspek multi dampak yang targetnya untuk mendorong kembali bergairahnya kegiatan ekonomi dalam masyarakat.

HARMEN

To Top