Kaba Lifestyle

7 Tips Agar Mudah Tidur di Malam Hari

Foto: Gaya.tempo.co

Sulit tidur atau insomnia memang menjadi masalah yang umum, terutama pada orang dewasa. Padahal jika seseorang mengalaminya, ini akan sangat berpengaruh terhadap tingkat energi yang diperlukan untuk beraktivitas keesokan harinya.

Tidur yang cukup tak hanya dapat mengembalikan energi, namun juga merelakasasi tubuh dan pikiran sehingga bisa terbangun dalam kondisi yang segar. Tidur yang cukup juga berdampak baik terhadap kesehatan tubuh, sementara kurang tidur justru akan sangat membahayakan tubuh Anda.

Jika Anda ingin bisa tidur malam lebih cepat dan berkualitas, maka beberapa tips ini patut Anda coba:

1. Makan ayam

Daging ayam kaya akan triptofan, yakni asam amino yang diperlukan untuk memproduksi serotonin dan melatonin—hormon yang dapat memicu relaks dan kantuk—dalam tubuh Anda.

2. Minum teh

Teh chamomile dan peppermint memiliki kemampuan untuk memicu rasa kantuk datang. Meminum segelas teh chamomile atau peppermint sebelum tidur, akan bermanfaat untuk menenangkan tubuh dan pikiran Anda, sehingga bisa membantu membuat Anda tertidur lebih cepat.

3. Gelapkan ruangan

Tidur dalam paparan cahaya yang terang tidak disarankan, sebab ini akan membuat Anda sulit untuk bisa tidur. Orang-orang yang tertidur dalam kamar yang terang biasanya akan merasa lebih lelah setelah bangun tidur, jika dibandingkan dengan mereka yang tidur dalam ruangan yang gelap. Jadi, pastikan untuk mematikan lampu dan menutup gorden sebelum Anda tidur.

4. Tidur dalam ruangan yang dingin

Tidur dalam ruangan yang dingin, akan sangat membantu bagi Anda yang kesulitan tidur di malam hari. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang tidur dalam suhu dingin dapat kehilangan berat badan saat mereka tidur, karena tubuh membakar simpanan lemak untuk menjaga suhu internal tubuh.

5. Ubah cat dinding kamar menjadi biru

Dari perspektif psikologis, warna biru memiliki efek menenangkan. Itu sebabnya penggunaan cat berwarna biru untuk dinding kamar sangat direkomendasikan, agar membuat Anda lebih mudah tidur di malam hari.

6. Kurangi porsi makan di malam hari

Makan malam yang terlalu berat, akan membuat Anda sulit untuk tertidur di malam hari karena tubuh membutuhkan waktu lama untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Karena itu disarankan untuk mengurangi porsi makan di malam hari, dan juga usahakan untuk makan sebelum jam 9 malam, sehingga bisa memberikan tubuh waktu yang cukup untuk mencerna makanan yang masuk.

7. Jangan makan dark chocolate di malam hari

Dark chocolate memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sayang, memakannya di malam hari bisa membuat Anda sulit untuk tetidur, karena cokelat ini mengandung tinggi kafein.

(Sumber: 1health.id)

To Top