Kaba Terkini

Tips Alami Buat Gigi Putih dan Sehat

 

Life, KABA12.com — Gigi kuat dan putih bersinar dapat meningkatkan kepercayaan diri. Sayangnya, makanan dan minuman kita sehari-hari, seperti kopi dan teh, bisa membuat warna gigi jadi kusam.

Tak perlu merogoh kocek dalam untuk membuat gigi kembali putih. Enam cara alami berikut bisa membantu memutihkan gigi Anda.

  1. Baking soda

Bahan pembuat kue ini telah lama digunakan sebagai pengganti pasta gigi. Ini tidak mengherankan, karena memang baking soda dapat membersihkan dan memutihkan gigi. Struktur kimia baking soda bersifat abrasif ringan. Itu sebabnya, bahan ini efektif dalam menghilangkan noda pada permukaan gigi.

Baking soda, menurut American Chemical Society, mudah larut dalam air, sehingga memungkinkan baking soda menembus hingga ke tepi gigi dan tempat-tempat yang sulit dijangkau okeh bahan abrasif lainnya. Namun, karena sifatnya yang abrasif, gunakan sebagai pemutih gigi hanya sekali atau dua kali dalam sebulan.

  1. Permen karet

Mengunyah permen karet bebas gula dapat membantu mengurangi kadar bakteri asam yang berbahaya dalam mulut. Permen karet membantu merangsang produksi air liur yang mengandung surfaktan dan enzim khusus, yang dapat melindungi gigi kita dari pewarnaan.

  1. Buah dan sayuran segar

Ngemil wortel mentah, seledri, dan apel adalah cara abrasif alami untuk membersihkan enamel gigi tanpa menyebabkan kerusakan. Dr Jeff Golub-Evans, dokter gigi di New York City, mengatakan, “Makanan yang tinggi dalam selulosa seperti seledri, wortel, dan apel dapat bertindak sebagai agen abrasif alam yang berguna untuk membersihkan gigi dan menghilangkan noda secara alami.”

  1. Keju

Makan keju atau produk susu lainnya, baik untuk kesehatan gigi karena mereka mengandung kalsium yang tinggi yang penting untuk menjaga gigi tetap kuat. Asam laktat, yang ditemukan dalam produk susu, juga dapat memperkuat enamel dan mencegah pembusukan.

Enamel gigi yang kuat akan melindungi dentin di belakangnya. Konsumsi makanan seperti susu dapat melindungi enamel dan dentin kami, sekaligus melestarikan putihnya gigi. Tapi, karena sifatnya asam, setelah memakan keju dan produk susu lainnya, Anda harus menyikat gigi. Sifat asam pada makanan yang dibiarkan mengendap terlalu lama dapat membuat gigi keropos.

  1. Stroberi

Stroberi, yang secara alami tinggi vitamin C, dapat membantu menghilangkan penumpukan plak pada gigi. Sedangkan asam malatnya dapat mencegah dan menghilangkan noda, menurut Royal Society of Chemistry. Cukup iris dan gosok stroberi pada gigi, atau haluskan dan campur dengan pasta gigi.

  1. Minyak

Minyak kelapa, bunga matahari, dan wijen yang dibiarkan ada di dalam mulut selama beberapa menit setelah sarapan, dipercaya dapat mengurangi plak pada gigi sehingga gigi nampak lebih bersih. Tip-tip ini tidak dimaksud untuk menggantikan fungsi dokter gigi. Anda tetap dianjurkan memeriksakan gigi Anda secara teratur ke dokter gigi.

 

Sumber: Medical Daily

(Jaswit)

 

To Top