SMPN 3 Tanjung Raya Sosialisasikan Vaksinasi Kepada Orang Tua Siswa

Maninjau, KABA12.com — Dalam rangka mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terhadap siswa, pihak SMPN 3 Tanjung Raya, Kabupaten Agam melaksanakan sosialisasi vaksinasi kepada orang tua siswa, Sabtu (9/10).

Sosialisasi itu menghadirkan narasumber dari Camat Tanjung Raya, Polsek Tanjung Raya, dan Puskesmas Maninjau.

Kepala SMPN 3 Tanjung Raya, Rusdi menyebutkan, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penjelasan kepada para orang tua siswa tentang pentingnya vaksinasi Covid-19 bagi siswa sekolah. Ia menyebut, sesuai dengan poin pada Perpres No 14 tahun 2021, bahwa setiap orang yang menjadi target sasaran penerima vaksin dari usia 12 tahun ke atas harus mengikuti vaksinasi.

“Kita sengaja melaksanakan sosialisasi ini agar para orang tua siswa paham dengan pentingnya vaksinasi di masa pandemi. Selain bertujuan untuk kesehatan, vaksinasi Covid-19 harus dilakukan dalam rangka mendukung kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah,” kata Rusdi.

Menurutnya, vaksinasi merupakan salah satu upaya efektif dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. “Maka dari itu mari kita sukseskan program imunisasi vaksin ini agar terhindar Covid-19. Vaksinasi bagi siswa juga sangat penting agar pembelajaran tatap muka di sekolah terlaksana dengan aman,” ujarnya.

Wakapolsek Tanjung Raya Iptu Akhiruddin mengatakan, pemerintah saat ini sedang berupaya menyelamatkan masyarakat dari penularan Covid-19 salah satunya dengan program vaksinasi.

Ia menyebut, setiap orang yang menjadi target sasaran penerima vaksin harus mengikuti vaksinasi dalam rangka percepatan penanggulangan Covid-19.

“Sasaran penerima vaksin itu diberikan kepada masyarakat dari usia 12 tahun ke atas, kecuali bagi mereka mengalami masalah kesehatan yang dibuktikan dengan surat rekomendasi dokter,” ucapnya.

Ia mengatakan, himbauan vaksinasi itu juga tercantum dalam instruksi Gubernur Sumbar Nomor 202/Dinkes/2021. Dalam isi intruksi itu disebutkan bahwa untuk memulai pembelajaran tatap muka di sekolah, setiap tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik (siswa) harus melaksanakan vaksinasi.

“Vaksinasi merupakan program pemerintah untuk melawan pandemi Covid-19. Maka dari itu kita sebagai warga negara juga harus berpartisipasi mensukseskan program tersebut,” katanya.

Camat Tanjung Raya Handria Asmi meminta para orang tua siswa dan masyarakat untuk lebih cerdas dalam bersosial media. Ia juga menghimbau agar masyarakat tidak mudah percaya dengan berita hoax soal vaksin yang banyak beredar.

“Mohon jangan mudah percaya dengan berita bohong soal vaksin yang marak beredar, mari sama-sama kita tangkal informasi hoax. Karena vaksin yang diberikan pemerintah itu adalah vaksin terbaik yang sudah dijamin keamanannya,” kata Camat.

(Bryan)

To Top