Kaba Terkini

Siswa SMKN 2 Pagi di Ruang Belajar Sore di Kebun

Sungai Jariang, kaba12.com — Kalangan SMKN 2 Lubukbasung memberi dorongan penuh bagi para guru pembimbing, tim pengajar dan para siswa untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Termasuk dibidang pertanian dan perkebunan.

Saat ini, selain mengembangkan program bidang pertanian, sekolah kejuruan terkemuka di Sumatera Barat itu, sudah menggarap lahan di bagian belakang sekolah itu menjadi areal perkebunan yang dijadikan kebun pembibitan dan budidaya hasil garapan para siswa.

Untuk aktivitas bidang perkebunan tersebut, para siswa fokus belajar teori di kelas selama jam belajar berlangsung, dan akan langsung menggelar belajar praktek di kebun sekolah habis kegiatan belajar sampai sore.

Kegiatan ini menjadi salah satu agenda prioritas yang dikembangkan sejak lama oleh sekolah tersebut, bahkan berbagai komoditi perkebunan yang dikembangkan saat ini, sudah memberi dampak positif bagi siswa, bahkan sudah komoditi yang dikembangkan sudah memberi hasil memuaskan.

Hal itu disebutkan kepala SMKN 2 Lubukbasung Drs.Zulhatman,Mpd yang menyebut, khusus bidang pertanian saat, aktivitas para siswa cukup menonjol, dibuktikan dengan hasil panen berbagai komoditi pertanian yang kini sudah dirasakan.

Dijelaskan, sesuai komitmen bersama jajaran sekolah, program jurusan sepenuhnya akan disupport sekolah, dimana hasil kegiatan yang dilakukan, akan dikembangkan sesuai minat dan keahlian para siswa.

Khusus untuk bidang pertanian, berbagai komoditi yang dikembangkan, dikelola dengan baik, dan setelah panen, hasilnya akan dinikmati sesuai persentase yang ditetapkan, ada untuk siswa, untuk jurusan, pengelola dan sekolah, “ bahkan dari hasil panen itu, para siswa justru bisa membayar kewajibannya di sekolah bahkan untuk uang jajan, “ ulas Zulhatman.

Selain itu, target sekolah untuk menjadikan para siswa professional dibidang pertanian, termasuk meneliti berbagai jenis komoditi, sebagai salah satu target peningkatan mutu SDM, seiring dengan kegiatan pengembangan SMK pertanian dalam program ketahanan pangan nasional, “ hal itu sesuai target program pemerintah pusat melalui program ketahanan pangan nasional, kita juga mendapatkan dukungan dana bantuan itu, “ ulas kepala SMKN 2 Lubukbasung itu lagi.

HARMEN

To Top