Kaba Pemko Bukittinggi

Sembilan PPK Bukittinggi Dilantik

Bukittinggi, KABA12.com — Setelah menjalani serangkaian proses seleksi, akhirnya sembilan calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) penyelenggara pemilu 2019 untu kota Bukittinggi dilantik. Pelantikan dilakukan Ketua KPU disaksikan Wakil Walikota, Ketua DPRD dan unsur Forkopimda lainnya, di Aula Kantor Balaikota, Kamis (01/03).

Ketua KPU Bukittinggi melalui Komisioner KPU divisi umum, keuangan dan logistik, Heldo Aura menjelaskan, proses seleksi calon anggota PPK dilaksanakan sejak awal Februari 2018 lalu. Dari 70 peserta yang mendaftar, ditetapkan sembilan yang lolos untuk ditempatkan tiga orang per kecamatan di Bukittinggi.

“Para pesert telah melewati seleksi administrasi, seleksi tulis dan wawancara. Sembilan PPK yang terpilih dan dilantik hari ini, akan ditugaskan tiga orang per kecamatan. PPK diharapkan dapat menjaga integritas dan segera memahami tugas dan fungsi penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Bukittinggi, Irwandi mengucapkan selamat kepada panitia pelaksana kecamatan yang telah terpilih. PPK tiap kecamatan nantinya diharapkan dapat bekerja maksimal, mensukseskan pemilu sehingga berjalan baik sesuai aturan.

“Ada 10 poin pakta integritas yang harus dilaksanakan PPK, orientasinya bagaimana PPK dapat memahami tugas dan kewajiban sehingga pemilu yang akan dilaksanakan 17 April 2019 mendatang khususnya di kota Bukittinggi dapat berjalan baik sesuai aturan. Jangan sampai PPK melanggar aturan yang ada,” ungkap Wawako.

Irwandi menambahkan, pemilu 2019 mendatang merupakan pemilu serentak untuk memilih Presiden, Anggota DPD, Anggota DPR RI, Anggota DPRD Provinsi, Anggota DPRD kabupaten kota. Sehingga akan ada lima jenis surat dan kotak suara. KPU pusat pun telah memutuskan ada 14 parpol yang akan mengikuti pemlu 2019 mendatang.

“Bertambahnya parpol cerminan demokrasi di negara semakin kuat dan hak setiap warga untuk pendirian partai politik dilindungi UU. Namun demikian, rasa kebersamaan harus tetap dijunjung tinggi. Ini tugas berat bagi penyelenggara pemilu, untuk mensosialisasikan kepada warga. Ini perlu keseriusan, karena tantangannya cukup berat,” ulasnya.

Wawako berharap, pemilu badunsanak harus tetap dikedepankan. Pemko dan DPRD akan berikan dukungan terhadap seluruh tahapan pemilu yang akan dilaksanakan.

(Ophik)

To Top