Kaba Terkini

Sekda Agam Buka Pelatihan Pemandu Wisata Alam

Bukittinggi, KABA12.com — Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Martias Wanto Dt Maruhun membuka pelatihan pemandu wisata alam, di Hotel Pusako Bukittinggi, Selasa (15/10).

Pelatihan yang bertujuan untuk menciptakan pemandu wisata yang berkualitas tersebut dihadiri sebanyak 40 orang yang berasal dari pemandu wisata arung jeram, trekking, ekowisata, geowisata, susur goa dan paralayang.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Martias Wanto Dt Maruhun mengatakan, pemandu adalah orang yang nantinya akan memberikan informasi kepada pengunjung tentang kearifan lokal objek wisata yang dipandu. Namun bagaimanapun majunya wisata, Sekda berharap pengembangannya tetap dalam konsep dasar wisata halal.

Menurutnya, sejak tiga tahun terakhir pemerintah daerah fokus melakukan pembangunan dan pengembangan objek wisata yang ada di daerah itu.

“Meski demikian, bukan berarti sebelumnya pemerintah tidak membangun dan mengembangkan objek wisata, tapi belum terfokus. Karena sesuai tahapan, ada beberapa agenda pembangunan sarana prasarana yang harus dituntaskan segera, baik sarana pendidikan, keagamaan maupun pelayanan,” ujarnya.

Sekda menyebutkan, Bupati Agam mengintruksikan setelah sarana prasarana selesai, pemkab mulai bergerak dengan fokus membangun dan mengembangkan objek wisata.

(Virgo/*)

To Top