Hukum dan Kriminal

Saat Upacara HUT RI Maling Beraksi

Bukittinggi, KABA12.com — Apes benar nasib Zel Herianto (54) warga Kubang Putih, kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam yang nyaris babak belur dihajar massa karena ketahuan mencuri HP warga di lapangan Wirabraja ketika Upacara HUT RI ke 72 berkangsung.

Pelaku yang tertangkap tangan langsung diamankan polisi dan tercatat sudah sering masuk penjara dengan pencurian di tempat lain.

Pantauan KABA12. com di lokasi kejadian beberapa petugas keamanan sudah sering mengintai tersangka yang gerak geriknya mencurigakan di tengah kerumunan massa yang menyaksikan Upacara HUT RI ke 72 di lapangan Wirabraja Bukittinggi.

Pada awalnya, tersangka terlihat bergabung dengan masyarakat di sebelah kanan panggung utama. Diduga gerak geriknya diintai petugas, yang bersangkutan pindah ke kerumunan warga.

Tapi, gerak geriknya terus dipantau dan ketika pengibaran bendera, saat masyarakat lengah, tersangka langsung beraksi mengambil HP di kantong baju masyarakat yang terakhir diketahui bernama Rini Marlina (38) yang bekerja di puskesmas Tigo Baleh Bukittinggi.

Ketika barang curian sudah dipegang oleh tersangka, anggota Polres Bukittinggi dan Intel Kodim 0304 Agam langsung mengamankan tersangka dan nyaris diamuk massa.

 Pada waktu bersamaan, anggota Buser Polres Bukittinggi yang juga berada di tempat itu dengan cepat mengamankan tersangka.

Ketika, tersangka dibawa polisi, korban Rini Marlina yang juga isteri anggota polisi langsung berteriak kalau HP Asus Zenpon 6 di dalam kantongnya sudah hilang. Karena pencurinya sudah tertangkap, korban langsung membuat laporan ke Polres Bukittinggi dan nyaris mengalami kerugian mencapai Rp 3,5 juta.

Selanjutnya, tersangka menjalani pemeriksaan di Mapolres Bukittinggi. Kapolres Bukittinggi, AKBP Arly Jembar Jumhana SIK MH melalui Kasat Reskrim, AKP Suyatno S SIK, menyebutkan sesuai data yang ada kalau tersangka sudah pernah tertangkap dalam kasus yang sama.

Atas perbuatannya tersebut, tersangka dijerat pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.

(Ikhwan)

To Top