Kaba Terkini

Rekahan Kawah Gunung Agung Makin Meluas

Karangasem, KABA12.com — Kawah Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, dilaporkan makin lebar dibanding sebelumnya. Hal tersebut diketahui dari hasil perekaman visual menggunakan drone atau pesawat nirawak.

Sesuai perekaman citra satelit Planet Scope pada 11 Oktober 2017, rekahan kawah hanya terdapat di sisi timur di dalam kawah. Pada foto drone yang diambil pada Kamis (19/10) siang, rekahan kawah sudah lebih luas di sisi timur dalam kawah.

“Juga ada rekahan kecil di sisi tenggara. Asap solfatara keluar dari rekahan tersebut juga lebih tebal daripada sebelumnya,” kata Kepala Pusat Data dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, seperti dikutip Viva.co.id.

Desakan magma ke permukaan, kata Sutopo, juga masih terus berlangsung. Pantauan Pos Pengamatan Gunung Api Agung Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi pada pukul 12.00-18.00 Wita, teramati asap kawah bertekanan lemah berwarna putih dengan intensitas tipis dan tinggi 100-200 meter di atas kawah puncak.

“Kegempaan masih tinggi ditandai dengan¬†tremor non-harmonic¬†sebanyak tiga kali dan status masih awas (level IV),” kata Sutopo.

(Dany)

To Top