Kaba Terkini

Rang Piliang Baralek Gadang, Dirjen di Kementrian ATR-RI Bakal Hadir

Lubukbasung, kaba12.com — Rang Piliang Nagari Lubukbasung Sabtu,(11/12) besok betul-betul “baralek gadang”. Hal itu terlihat dengan persiapan acara akbar dalam rangkaian peresmian pengurus Forum Komunikasi Piliang 14 (FKP14) di pelataran parkir Timur kompleks Pasar Padang Baru, Lubukbasung.

Pantauan kaba12.com, Jumat,(10/12), panitia acara terlihat ekstra sibuk menyiapkan berbagai perangkat pendukung, dengan tenda besar dan balairung yang dibangun khusus untuk prosesi acara kebesaran adat untuk menyambut para ninik mamak dan tamu-tamu khusus.

Bahkan, semangat dan partisipasi aktif para anak kemenakan yang dipandu langsung para ninik mamak kaum suku Piliang Nagari Lubukbasung sangat luar biasa. Tidak hanya prosesi acara bajamba dan tradisi adat saja yang akan digelar, untuk pendukung acara, para bundo kanduang kaum suku Piliang sengaja menyiapkan dapur khusus untuk konsumsi.

Terlihat, semangat kebersamaan terbangun kuat dalam kaum suku Piliang Nagari Lubukbasung itu, pasalnya, informasi yang diperoleh kaba12.com, 17 ninik mamak pemangku adat suku Piliang Nagari Lubukbasung akan hadir secara langsung termasuk yang berada di rantau, termasuk Dr. Hardian Dt.Batu Basa, SH,MM, Dirjen di Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) RI, Drs.Martiaswanto Dt.Maruhun, MM, Sekdako.Bukittinggi dan seluruh ninik mamak lainnya.

Selain pada ninik mamak kaum suku Piliang Nagari Lubukbasung, para tokoh ninik mamak lainnya dari berbagai daerah di Sumbar juga dijadualkan akan hadir, termasuk Wakil Gubernur Sumbar Audy Jounaldi bersama Bupati Agam Dr.Andriwarman.

“ Alhamdulillah, persiapan sudah semakin matang, “ ungkap Boby Asmar Dt.Marahindo, salah seorang ninik mamak kaum suku Piliang kepada kaba12.com saat memantau persiapan acara Jumat sore.

Sementara beberapa panitia lainnya yang ditemui kaba12.com, seperti Rino Syamna Putra, Yunaldi, Mesfian Dreky, termasuk Mairizal, ketua FKP14 Lubukbasung, menyebutkan, persiapan acara baralek gadang rang Piliang yang digelar Sabtu besok akan terus dimaksimalkan sampai Jumat malam.

Dijelaskan Mairizal, selain prosesi pengukuhan pengurus FKP14 Nagari Lubukbasung, moment itu juga akan berlanjut dengan kegiatan silaturrahmi antar keluarga besar kaum suku Piliang, tidak hanya yang ada di nagari Lubukbasung, juga secara khusus akan berdatangan dari berbagai nagari lain di Kabupaten Agam.

Acara pengukuhan akan disemarakkan dengan arak-arakan rombongan suku Piliang dari 17 kaum (ninik mamak), dari kompleks mushalla Piliang menuju lokasi acara, yang akan diramaikan dengan iringan tambua tansa dan tari galombang.

Prosesi penyambutan, ulas Mairizal, akan dilakukan pada seluruh ninik mamak dan tamu kebesaran yang hadir bersama rombongan anak kemenakan kaum suku Piliang, “ ini wujud semangat kebersamaan yang disuguhkan anak-kemenakan Piliang, “ungkap Mairizal lagi.

Selain prosesi pengukuhan FKP14 Lubukbasung, Sabtu malam juga akan digelar malam silaturrahmi dengan tradisi saluang di kompleks acara tersebut.

HARMEN

To Top