Kaba Terkini

Raih Terbaik I, Inovasi Yang Dilakukan Fitriyeni

Sungai Batang, KABA12.com — Fitriyeni dari Kader Posyandu Sayang Ibu, Jorong Nagari, Kenagarian Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam berhasil meraih terbaik I lomba Kader Posyandu Berprestasi tingkat Sumatera Barat tahun 2019.

Ketua TP-PKK Agam, Ny. Vita Indra Catri, mengatakan, keberhasilan Fitriyeni tidak terlepas dari sejumlah inovasi yang dijalankannya seperti, merangkul ninik mamak supaya bayi dan ibu hamil bisa terlayani dengan maksimal.

“Dengan begitu, tidak ada alasan bagi masyarakat yang tidak bisa datang ke Posyandu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, karena mereka dalam pengawasan ninik mamaknya,” ujarnya.

Selain itu, Fitriyeni juga merangkul pengusaha keramba di nagari untuk menyisihkan sedikit hasil panennya sebagai tambahan biaya posyandu.

Kemudian merangkul ibu-ibu sasaran untuk membuat keterampilan dari bahan bekas dan dijual sebagai penambah income posyandu.

“Inilah yang menjadi keunggulan dari Fitriyeni. Sehingga kesadaran masyarakat datang ke posyandu sangat tinggi dengan cara melibatkan tokoh adat sebagai orang yang disegani oleh kemenakan” katanya.

Dengan inovasi yang dijalankan Fitriyeni, Ketua TP-PKK Agam mengharapkan agar posyandu lain dapat termotivasi untuk melahirkan inovasi kreatifnya dalam pelayanan posyandu.

(Jaswit)

To Top