Kaba Pemko Bukittinggi

Pemerataan Pembangunan Wujud Kebangkitan Nasional

Bukittinggi, KABA12.com — Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke 109 tahun 2017, Pemko Bukittinggi gelar upacara, di halaman Kantor Balaikota, Senin (22/05). Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, yang langsung bertindak sebagai pembina upacara, membacakan pidato Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Ia menyampaikan bahwa semangat Kebangkitan Nasional harus semakin ditingkatkan bagi kehidupan bangsa dan negara saat ini. Pemerataan pembangunan disegala bidang telah digalakkan Presiden Jokowi. Pemerataan pembangunan antar wilayah hendaknya diwujudkan dengan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

“Tema pemerataan pembangunan Indonesia yang berkeadilan sebagai wujud kebangkitan menjadi pesan yang tepat tidak hanya tertanam dalam hati, namun juga segera diwujudkan melalui strategi, kebijakan dan implementasi dalam pelayanan kita kepada masyarakay dan bangsa,” ungkapnya.

Pemerintah terus berupaya meningkatkan aspek pemerataan pembangunan di segala sektor. Pemerintah juga memandang bahwa pembangunan infrastruktur diperlukan untuk meningkatkan pemerataan ekonomi dan meningkatkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Berkah digitalisasi yang paling nyata hampir terjadi di setiap sektor terkait dipangkasnya waktu perizinan yang biasanya ratusan hari sampai tidak terhingga, kini berubah drastis menjadi enam kali lebih cepat dari waktu semula.

“Dengan inovasi digital kita dihadapkan pada kejutan-kejutan dan tata cara baru dalam berhimpun dan berkreasi. Sebagian menguatkan, namun juga ada yang mengancam ikatan dalam berbangsa. Satu yang pasti, kita harus tetap berpihak untuk mendahulukan kepentingan bangsa. Justru karena itulah kita tidak boleh menginggalkan orientasi untuk terus mewujudkan pemeratan pembangunan yang berkeadilan sosial,” tegasnya.

(Ophik)

To Top