Kaba Bukittinggi

Pembukaan MTQ Nasional Ke-IV Kecamatan Rambatan Meriah

Tanah Datar, KABA12.com — Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional Ke-IV Tingkat Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar Tahun 2019 berlangsung semarak dan meriah. Kegiatan ini berlangsung di lapangan SMA 2 Rambatan di Nagari Simawang, Jumat, (05/07).

Acara dibuka oleh Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan, Drs. Nuryeddisman, diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran kemudian dilanjutkan laporan panitia oleh Muhammad Akmal dan sambutan Ketua DPP Perantau Simawang Saiyo Prof. Nurhayati Hakim serta sambutan Kemenag Tanah Datar.

Muhammad Akmal, Ketua Panitia, menyebutkan, pelaksanaan acara MTQ ini dapat terlaksana karena bantuan dari kecamatan dan perantau serta masyarakat nagari Simawang. Untuk peserta diikuti oleh 230 kafilah utusan nagari yang ada di kecamatan Rambatan sebanyak 5 nagari yakni nagari Simawang selaku tuan Rambatan, III Koto, Balimbing, dan Padang Magek.

Dalam pembukaan yang berlangsung meriah itu, hadir Kabid Binmas Kemenag Tanah Datar Helmi, Camat Rambatan Dedi Triwidono, anggota muspika kecamatan Rambatan, tokoh masyarakat Simawang yang juga anggota DPRD Bukittinggi M. Nur Idris, Ketua DPP Simawang Saiyo Prof. Nurhayati Hakim, Ketua DPC Simawang Saiyo Pekanbaru Syafril Hendro Dt. Mantiko Tagak, Wali Nagari se-Kecamatan Rambatan dan dihadiri oleh ratusan peserta dari lima nagari serta ratusan santri MDA/TPA dan majelis taklim se-Nagari Simawang.

Staf Ahli Bupati Tanah Datar, Nuryeddisman, mengungkapkan rasa senang dan bangga atas pelaksanaan MTQ Kecamatan Rambatan tahun ini. Karena menurutnya, sudah sejalan dengan program Pemkab Tanah Datar, menumbuhkan pemahaman dan pengamalan Al-Qur’an, serta sebagai wadah seleksi di tingkat kecamatan, untuk kemudian diikutkan di tingkat kabupaten.

Selanjutnya, MTQ ini juga diharapkan mendorong pentingnya generasi muda untuk memiliki motivasi tinggi dalam mempelajari, menggali, dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an. Nuryeddisman juga menyampaikan capaian kabupaten yang keluar sebagai juara umum MTQ Tingkat Provinsi Sumbar 2019 yang berlangsung bulan lalu.

“Diharapkan melalui kegiatan ini generasi muda kita lebih Qur’ani, sehingga membuat kehidupan lebih baik” ujar Nuryeddisman sembari menyampaikan permohonan maaf Bupati Tanah Datar yang tidak bisa hadir karena sedang dinas luar daerah. Staf ahli Bupati Tanah Datar juga memuji pelaksanaan MTQ sangat meriah.

Selanjutnya sebagai tanda pembukaan dilakukan pemukulan gong oleh Staf Ahli Bupati Tanah Datar dan dilanjutkan penyerahan Piala Bergilir MTQ Tingkat Rambatan dari Nagari Rambatan sebagai juara umum MTQ ke-III tahun 2017 diwakili Wali Nagari Rambatan Edi Indra kepada Camat Rambatan Dedi Triwidono. Selanjutnya piala bergilir diserahkan kepada panitia MTQ ke-IV diwakili Wali Nagari Simawang E. Dt Rajo Muyang untuk diserahkan kepada Ketua Panitia Muhammad Akmal.

Ketua Panitia mengatakan dalam MTQ ke-IV diadakan cabang yang dilombakan terdiri dari 7 cabang perlombaan, yakni tilawah, tartil, tahfis, MFQ (cerdas cermat), MSQ, khutbah jumat, dan kaligrafi. Yang diikuti oleh 260 peserta atau kafilah dari 5 nagari di kecamatan Rambatan. Untuk penginapan kafilah, panitia sudah menyediakan tempat penginapan sebanyak 10 buah. Kegiatan MTQ ini akan berlangsung pada 5-7 Juli 2019.

(Ophik)

To Top