Kaba Terkini

Pasca Kebakaran, Revitalisasi Pasar Palembayan Prioritas

Palembayan, KABA12.com — Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil & Menengah (Disperindagkop) kabupaten Agam turut prihatin akan musibah kebakaran yang menghanguskan 28 petak los pedagang di Pasar Palembayan, nagari IV Koto Palembayan, Minggu (18/02) pukul 04.30 WIB.

Untuk masa tanggap darurat pasca kebakaran tersebut, pihak Disperindagkop akan lakukan relokasi pedagang agar aktivitas perekonomian masyarakat setempat dapat terus berlangsung.

Kebakaran hebat yang melanda Pasar Palembayan itu menjadi perhatian khusus Diskoperindag Agam bahkan Kadiskoperindag Agam Aryati sengaja mengirim tim ke Palembayan untuk memantau proses pemadaman dan pendinginan serta mengatur langkah penanganan pasca kebakaran.

Seperti disebutkan Aryati, Kadisperindagkop Agam melalui Kabid. Pasar Riza Oktafiendi yang menyebut pihaknya memprogramkan revitalisasi pasar Palembayan tersebut.

“Kita akan berkoordinasi dengan pengelola pasar,  walinagari selaku penanggungjawab dan camat selaku pembina pasar nagari untuk relokasi pedagang yang kiosnya terbakar. Karena kalau kita tidak melakukan relokasi akan menyebabkan terganggunya aktivitas pasar,” ujar Riza Oktafiendi pada KABA12.com.

Dikatakan, untuk relokasi sementara, para pedagang akan ditempatkan pada bangunan pasar yang tidak terkena dampak, “kita manfaatkan dulu bangunan-bangunan yang tidak terkena dampak kebakaran yang tidak terisi,” sebutnya.

Riza juga menyebutkan, pihaknya akan menjadikan pembangunan pasar nagari Palembayan itu sebagai prioritas utama pada revitalisasi pasar tahun depan.

“Untuk masa tanggap darurat saat ini ditangani oleh Dinas Sosial tetapi untuk revitalisasi tahun berikutnya akan menjadi prioritas utama,” tegasnya.

(Jaswit)

To Top