Kaba Terkini

OPD Agam Selaraskan Hasil Musrenbang RKPD

Lubukbasung, KABA12.com — Selama empat hari berturut-turut, mulai Senin 26 Februari hingga Kamis 1 Maret 2018, seluruh Organisasi Perangkat Daerah di kabupaten Agam secara maraton menyelaraskan usulan hasil musrenbang RKPD yang telah diperoleh pekan lalu, beserta pokok pikiran (pokir) DPRD dengan program kegiatan perangkat daerah dan sasar prioritas pembangunan tahun 2019 didalam Forum Perangkat Daerah/lintas Perangkat Daerah.

Rapat Forum OPD yang digelar di aula kantor BAPPEDA Agam itu dibagi kedalam enam bidang pembahasan, bidang jalan, jembatan dan irigasi, bidang pendidikan dan kesehatan, bidang ekonomi, bidang perumahan, air minum, sanitasi dan lingkungan hidup,bidang sosial dan bidang pemerintahan.

Kepala BAPPEDA Welfizar mengatakan, sebelum Forum OPD tersebut digelar seluruh perangkat daerah sudah melakukan verifikasi teknis terhadap hasil kesepakatan Musrenbang RKPD di kecamatan dan usulan pokir DPRD sesuai bidang tugas masing-masing. Setelah itu baru dilaksankan rapat Forum OPD guna menyelaraskan, menjelaskan dan mengklarifikasi usulan-usulan yang dikoordinir menjelang dibawa pada Musrenbang Kabupaten.

“Secara umum seluruh usulan tersebut diakomodir apabila sudah memenuhi syarat teknis. Untuk itu dalam forum ini kita lakukan penyelarasan antara pokok pikiran DPRD yang dihasilkan dari aspirasi masyarakat dapat terakomodasi bersamaan dengan program kegiatan pemerintah daerah yang tersusun dalam kegiatan Musrenbang, jadi timbul kesan harmonisasi antara legislatif dan eksekutif terjalin baik,” ujarnya.

Welfizar menyebutkan, hasil dari Forum OPD ini nantinya akan menjadi bahan penyempurnaan rencana kerja perangkat daerah untuk disusun BAPPEDA dalam rancangan RKPD.
Setelah forum ini selesai, tahapan selanjutnya akan dilakukan finalisasi hasil klarifikasi forum oleh kabid, sekretrais dan kepala OPD masing-masing, setelah diterima usulan-usulan tersebut akan dibahas pada musrenbang kabupaten yang diagendakan pada akhir Maret 2018 mendatang.

(Jaswit)

To Top