Kaba Terkini

Momentum Hari Guru, Siswa Berikan Bunga Kepada Guru

Bukittinggi, KABA12.com — Momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-76, dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2021, menjadi momen bagi siswa untuk menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih terhadap sosok guru yang dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih terhadap sosok guru yang selama ini sudah mendidik mereka, para siswa di beberapa Sekolah Dasar (SD) di Kota Bukittinggi memberikan bingkisan dan sekuntum bunga untuk sang guru, sekaligus menyampaikan ucapan selamat atas hari guru tersebut.

“Kami para guru merasa terharu dan bangga atas ucapan dan bingkisan yang diberikan para siswa di hari guru ini. Semoga ucapan dan bingkisan yang diberikan siswa di hari guru ini   bisa memberi motivasi dan semangat bagi kami untuk memberikan pendidikan yang terbaik  bagi  anak- anak dalam belajar,” kata Kepala SD Islam Al-Falah Kota Bukittinggi,  Heru Triastanawa, Senin (01/12).

Rasa haru dan bangga juga diutarakan oleh Kepala SDN 02 Percontohan Bukittinggi, Sri Ramayenti, Kepala SDN 09 Belakang Balok, Tri Murti, dan Kepala SDN 13 Bukit Apit Puhun, Nevi Gumaira. Menurut mereka, para siswa di sekolah yang mereka pimpin tersebut juga memberikan bingkisan dan sekuntum bunga kepada guru-guru sebagai bentuk ucapan terima kasih.

“Dalam momentum hari guru ini, kami mengaku terharu dan bangga kepada anak-anak yang turut perhatian dan peduli kepada guru-guru mereka. Kepedulian itu mereka tunjukan dengan pemberian sekuntum bunga dan bingkisan lainnya. Pemberian dari siswa ini tentunya menjadi kesan yang berharga bagi kami,” ujar Kepala SDN 02 Percontohan Bukittinggi, Sri Ramayenti.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua siswa yang juga antusias untuk mengantarkan makanan dan kue ke sekolah pada momentum peringatan hari guru tersebut. “Meski dalam masa pandemi, nyatanya para orang tua siswa masih bersikap positif, peduli,  dan ingat kepada para  guru yang sudah mendidik anak-anak mereka di sekolah,” kata Sri  Ramayenti.

Disebutkan, dalam rangka memeriahkan HGN 2021, pihak sekolah juga menggelar berbagai perlombaan untuk siswa, seperti lomba senam kreasi antar kelas. Lomba senam kreasi ini dibuat oleh guru kelas yang pesertanya dibagi dalam dua kelompok. Untuk kelompok kelas rendah diikuti oleh siswa kelas satu, dua, dan tiga. Sedangkan untuk kelompok kelas tinggi diikuti siswa kelas empat, lima dan enam. Semua pemenang lomba  diberikan piagam dan sertifikat.

Kemudian, lomba giling cabe bagi guru laki-laki, dan lomba mengupas kentang bagi guru perempuan. Selain menggelar perlombaan, pihak sekolah juga memberikan penghargaan kepada semua guru yang berprestasi, kreatif, inovatif dan berdedikasi.

“Untuk kegiatan puncak hari guru kita melaksanakan upacara bendera di halaman sekolah. Pelaksanaan upacara kali  ini berbeda dari biasanya, karena seluruh proses upacara bendera  dilakukan semuanya oleh  guru. Sedangkan para siswa  hanya menjadi peserta upacara,” ucap Sri Ramayenti.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala SDN 09 Belakang Balok, Tri Murti. Menurutnya, dalam momentum hari guru ini  para siswa tidak saja memberikan ucapan selamat hari guru, tapi juga memberikan bingkisan dan sekuntum bunga kepada guru. Bahkan yang bikin haru, para siswa juga membacakan puisi tentang guru.

“Perasaan haru dan senang tercipta dalam momentum hari guru ini, karena ada kejutan yang diberikan oleh para siswa. Kami berharap ke depan, agar anak-anak kita menjadi anak-anak yang lebih peduli dan patuh kepada orang tua,  dan peduli kepada  gurunya di sekolah.  Semoga melalui hari guru ini, anak anak kita bisa memahami jasa-jasa guru,” sebut Tri Murti.

Ia menambahkan, dalam rangka HUT PGRI ke-86 dan HGN 2021, SDN 09 Belakang Balok juga menggelar serangkaian kegiatan, seperti penilaian kelas oleh tim penilai dari pengawas sekolah, ketua gugus dan ketua komite sekolah.   Kemudian menggelar lomba makan kerupuk, lomba balon dan lomba kelereng.

“Kita juga melakukan potong kue ulang tahun, pemberian penghargaan kepada guru berprestasi dan berdedikasi, serta makan bajamba bersama dengan majelis guru. Melalui momentum ini, semoga guru kedepannya menjadi guru inspiratif, inovatif dan kreatif, serta mengutamakan literasi dan numerasi,” ujar Tri Murti.

Pemko Bukittinggi juga akan menyelenggarakan upacara Hari Guru Nasional, di Halaman Balaikota Bukittinggi, pada tanggal 6 Desember mendatang.

(Ophik)

To Top