Kaba Terkini

Komisi III DPRD Agam Minta Bank Nagari Bangun Fasum Gunakan Dana CSR

Padang, kaba12.com — Komisi III DPRD Agam minta kalangan Bank Nagari beritakan perhatian khusus untuk mendorong pembangunan berbagai fasilitas umum (fasum) di kabupaten Agam, yang sangat dibutuhkan masyarakat. Banyak harapan tertumpang pada Bank Nagari dalam merealisasikan beragam keberadaan fasum yang memadai.

Bahkan, diharapkan Bank Nagari bisa memanfaatkan dana Cooperate Social Responsibility (CSR) untuk merealisasikan pembangunan berbagai fasum yang sangat dibutuhkan masyarakat di berbagai wilayah kabupaten Agam, ditengah semakin terbatasnya dukungan dana daerah.

Benang merah itu dirunut kaba12.com, saat rombongan Komisi III DPRD Agam yang dipimpin ketua Komisi III Aderia, didampingi ketua DPRD Agam Dr.Novi Irwan, berkunjung ke kantor pusat Bank Nagari Sumbar di Padang, Rabu,(8/12).

Kunjungan itu terutama untuk berkoordinasi sekaligus untuk meminta masukan terkait dengan mekanisme realokasi dana CSR untuk pembangunan fasilitas umum di kabupaten Agam.

Kunjungan Komisi III DPRD Agam itu, diterima manajemen Bank Nagari Sumbar dihadiri Kepala Divisi Sekretaris Bank Nagari Idrianis, Humas Bank Nagari Intan Evannita Evandry, didampingi Santy Dewi Fauzi, kepala cabang Bank Nagari Lubukbasung.

Menurut Dr.Novi Irwan, Ketua DPRD Agam, tujuan kedatangan komisi III ke Bank Nagari untuk mengajukan bantuan membangun fasilitas umum di kabupaten Agam memanfaatkan dana CSR Bank Nagari, “kita menanyakan mekanisme dana CSR Bank nagari untuk pembangunan fasilitas umum yang ada di kabupaten Agam,” ungkapnya.

Dalam sesi diskusi, politisi perempuan dari partai Gerindra,anggota Komisi III Nesi Harmita meminta Bank Nagari untuk pengadaan ambulance di puskesmas-puskesmas serta bantuan pendidikan bagi anak-anak yang kurang mampu di Kabupaten Agam menggunakan dana CSR.

Sementara, anggota Komisi III lainnya, Hendrizal meminta agar dana CSR Bank Nagari dapat membantu dalam pembiayaan kesehatan masyarakat kurang mampu, juga harapan Doddi,ST yang meminta Bank Nagari membantu pembanggunan sarana ibadah,seperti mesjid dan mushola.

“Kita lihat saat ini banyak sarana ibadah di berbagai kecamatan di kabupaten Agam yang belum dibenahi yang perlu sentuhan dan perhatian dari Bank Nagari, “ ungkap Dodi,ST.

Menjawab pertanyaan anggota Komisi III DPRD Agam itu, Idrianis, Kepala Divisi Sekretaris Bank Nagari Sumbar menjelaskan ada beberapa mekanisme, kriteria-kriteria dan penilaian dari tim Bank Nagari dalam mendapatkan bantuan CSR Bank Nagari.

Ditambahkan, pengalokasian dana CSR sendiri sudah diatur dalam anggaran dasar perusahaan tergantung laba persusahaan itu sendiri, ” dana CSR Bank Nagari Rp.8 – Rp.10 miliar setiap tahun tergantung laba perusahaan di tahun sebelumnya, “ jelasnya.

Ditambahkan, alokasi dan kegiatan yang akan dilaksanakan yang memanfaatkan dana CSR itu sifatnya hanya membantu sesuai dengan kriteria dan mekanisme yang sudah ditetapkan Bank Nagari.

HARMEN

To Top