Kaba Terkini

Khalil Khorshid Pembalap Asal Iran Sabet Raja Tanjakan Kelok 44

Matur, kaba12.com — Khalil Kharsid pembalap asal Iran keluar sebagai Juara Umum Wonderful Indonesia (Yellow Jersey) pada etape VIII Tour de Singkarak (TdS) yang start dari Puncak Anai Padang Pariaman finish di Ambun Pagi kabupaten Agam, Sabtu (25/11).

Tak hanya sebagai pemuncak, pembalap asal Iran itu juga menyabet gelar Raja Tanjakan atau King of Montain (Polkadot Jersey) Kelok 44.

Posisi kedua diraih Wilmar Jahir Peres Munos dan juara ketiga diraih Victor Nino Corredor.

Kedua pembalap muda itu berasal dari tim yang sama dari tim Sapura Pro Cycling Malaysia.

Sementara raja sprint (Green Jersey) diraih Robert Muller pembalap dari Jerman dan Pembalap tercepat Indonesia (Red White Jersey) selama TdS tahun 2017 dimenangkan Jamal Hibatullah.

Seluruh pemenang pada etape VIII di Ambun Pagi, kecamatan Matur, Agam menerima hadiah khusus dari Pemkab. Agam berupa shal dan kupluk sulaman asli buatan warga Agam berwarna merah dan bertuliskan “Lake Maninjau”.

Kepada awak media dalam konferensi pers yang digelar usai penyerahan reward, pembalap tercepat Indonesia Jamal Hibatullah yang kembali menerima Red White Jersey mengatakan, Kelok 44 merupakan stage terberat di Tour de Singkarak.

“Stage ini penentuan general klasement dan ini stage tersulit di TdS terimakasih kepada tim yang telah membawa saya ke top 10,” ujar Jamal Hibatullah.

Ia mengakui, masih ingin balik pada Tour de Singkarak tahun depan dan menargetkan raih Yellow Jersey (Juara Umum).

Sementara itu, Bupati Agam Indra Catri mengaku salut dan bangga kepada ke 73 peserta Tour de Singkarak yang mengikuti etape VIII.

“Tahun ini kita beralih lokasi finish, biasanya di Puncak Lawang sekarang di Ambun Pagi. Agam cukup beragam mempunyai jalur lintasan yang cukup bagus untuk para pembalap sepeda. Kita punya laut, danau, gunung dan kawasan yang indah,” ujarnya

Prosesi penyerahan reward kepada juara TdS etape VIII Tour de Singkarak 2017 dimeriahkan dengan penampilan kesenian anak nagari berupa tambua tansa, tari tradisional dan atraksi bocah kecil yang kebal senjata tajam.

(Jaswit)

To Top