Kaba Terkini

Kepala BNPB Buka Puncak Peringatan Bulan PRB 2019 di Bangka Belitung

Pangkal Pinang,kaba12.com — Kepala BNPN Letjen.TNI. Doni Munardo, buka secara resmi puncak peringatan bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Nasional VIII di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Minggu,(13/10).

Pembukaan peringatan bulan PRB Nasional VIII 2019 yang diikuti hampir 5.000 orang insan kebencanaan dari berbagai propinsi di Indonesia termasuk dari BPBD Agam itu, ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala BNPB didampingi gubernur Kepulauan Bangka Belitung, di Novotel Hotel and Convention Hall Centre, kota Pangkal Pinang.

Dalam sambutannya kepala BNPB Doni Munardo menekankan, dalam program pengurangan risiko bencana yang diperlukan adalah solusi yang diberikan agar masyarakat mengetahui kajian dan upaya apa yang dilakukan oleh masyarakat itu sendiri.

Ditambahkan, BNPB memaksimalkan program PRB, termasuk memasang sejumlah alat pendeteksi dan sensor kebencanaan yang akan dilokasi rawan bencana, sehingga dapat terdeksi dengan cepat kejadian dan dampak yang dirasakan masyarakat.

Doni Munardo menegaskan, dalam pengurangan risiko bencana yang harus diperhatikan adalah, salah satunya saat mendirikan bangunan harus disesuaikan dengan kontur wilayah, agar tidak banyak yang terdampak saat bencana, karena dampaknya.

Pencegahan ulasnya, lebih baik dari penanggulangan saat darurat bencana, ” ini yang perlu diperhatikan pemerintah, masyarakat dan dunia usaha,” ulas Doni Munardo.

Kepala BNPB itu, berharap usaha dan peran OPD melalui BPBD di daerah dapat mengatasi dan mengkoordinir mitigasi bencana, termasuk memetakan risiko bencana yang ada di daerahnya masing-masing.

Disisi lain diharapkannya, pimpinan daerah dan pihak berwenang dalam menyusun kebijakan keuangan untuk menyiapkan dana dalam upaya mengurangi risiko bencana.

Acara puncak bulan PRB Nasional tahun 2019 dirangkai dengan keynote speaker dari Kemeterian Dalam Negeri tentang penyelenggaraan pemerintahan bidang kebencanaan, lounching produk kebencanaan dan penandatanganan MoU dan PKS BNPB dengan 10 organisasi mitra serta pemberian penghargaan kepada daerah atas konstribusi terhadap upaya PRB di daerah.

Juga dilakukan pembacaan 10 rekomendasi strategi PRB untuk Indonesia 2020-2024, penyerahan hadiah berbagai lomba dan penyerahan penghargaan Tangguh Award 2019.

Sementara menurut Kabid. PK BPBD Agam Yunaisi, rangkaian kegiatan peringatan bulan PRB Nasional 2019 di Bangka Belitung berlangsung semarak dengan rangkaian kegiatan yang diarahkan pada penajaman komitmen bersama untuk program pengurangan risiko bencana secara nasional.

HARMEN

To Top