Agam

Kemen PPPA Nobatkan Agam Sebagai Kabupaten Layak Anak Pratama

Makassar, KABA12.com — Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP-PA) Republik Indonesia, menobatkan Agam sebagai Kabupaten Layak Anak.

Penghargaan itu diserahkan langsung menteri Yohana Yembise kepada Bupati Agam Indra Catri pada malam puncak peringatan Hari Anak Nasional di Hotel Four Points by Sheraton, Makassar, Selasa, 23 Juli 2019.

Kepala Dinas Dalduk KB P2PA Agam, Retmiwati pada KABA12.com melalui pesan pribadinya dari Makassar menyampaikan, penghargaan Kabupaten Layak Anak yang diterima kategori tingkat Pratama.

Dia berharap penghargaan ini menjadi pemicu bagi semua OPD mitra dan masyarakat untuk lebih memperhatikan kebutuhan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

“Tugas kita masih banyak dan perlu dukungan semua pihak termasuk dunia usaha media dan lembaga masyarakat,” ujarnya.

Dia juga menyebutkan, apresiasi tinggi dari Bupati Agam Indra Catri atas penghargaan Kabupaten Layak Anak yang merupakan kebanggaan dan amanah untuk tanggung jawab yang lebih besar kedepannya.

“Ini harus ditingkatkan dan masyarakat merasakan ada perubahan baik dalam kebijakan maupun program dan anggaran yg responsif anak. Terwujudnya Kabupaten Agam Layak Anak harus dimulai dari keluarga, jorong, Nagari dan kecamatan yang ramah anak. Semua fasilitas yang digunakan oleh anak harus ramah anak,” kata Bupati Agam Indra Catri.

Sebelumnya, Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Lenny N Rosalin dalam konferensi pers di Hotel Four Points by Sheraton, Makassar menyampaikan, malam penghargaan Kabuapten/Kota Layak Anak dihadiri 247 kabupaten kota di Indonesia.

Hal itu, kata dia, mengalami peningkatan 40 persen dari tahun sebelumnya.

Ia juga mengatakan, penilaian KLA diukur melalui 24 indikator yang merupakan penjabaran dari 5 klaster substantif. Dimana penilaian tahun ini diawali dengan tahap evaluasi mandiri secara online atau mengevaluasi diri sendiri berdasarkan 24 indikator KLA dengan sekitar 430 item pertanyaan atau variabel evaluasi sejak April hingga Mei 2019.

Berdasarkan urutan penghargaan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) yang tiap tahun diberikan pada event KLA (dari rendah ke tinggi) dimulai dari pratama, madya, nindya, utama dan KLA.

“Sistem ini kita bangun untuk memastikan semua anak memperoleh pemenuhan haknya, dan semua anak bisa kita lindungi,” sebut Deputi.

(Jaswit)

To Top