kartini 4

“Kami diajarkan oleh kedua orangtua mandiri, percaya diri, dan bertanggungjawab sejak kecil. Kita diarahkan sesuai pilihan kita, dan hal itu juga yang Ibu terapkan pada anak-anak sekarang,” ulasnya.

Sebagai Ketua HIMPAUDI Agam, Ny.Vita Indra Catrisejak kecil juga bercita-cita ingin menjadi seorang dosen. Meski tidak sesuai dengan cita-citanya, namun profesi mengajar bisa dilakukannya melalui aktifitas dan jabatan yang diembannya kini.

“Cita-cita Ibu dulu jadi dosen, waktu kecil sering bermain menjadi guru, ternyata menjadi pendidik itu tidak hanya di sekolah atau di kampus, tetapi juga bisa mendidik di rumah.

Ketika ilmu bisa dimanfaatkan dan diimplementasikan untuk orang banyak,  akan ada “tabungan” sedikit untuk kedepannya. Ilmu itu bisa kita dapat tidak hanya lewat bangku pendidikan tapi di masyarakat. Selagi masih bisa dilaksanakan, ilmu bisa dibagi dengan masyarakat,” jelasnya lagi.

Ny. Vita Indra Catri mengungkapkan, perempuan di Indonesia jangan hanya mengingat perjuangan emansipasi wanita di peringatan hari Kartini saja, tapi di hari-hari lainnya juga menjadi momen penghargaan bagi seluruh wanita, “lihat perempuan itu dengan sosok yang sempurna, perempuan itu Ibu manusia, yang akan melahirkan generasi penerus,” tegasnya.

Terhadap perempuan di kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri mengaku cukup bangga, “di kabupaten Agam, emansipasi juga dihargai, terutama oleh pemerintah, ada perempuan yang mengisi jabatan sebagai kepala OPD, Camat, dan Walinagari. Pesan Bapak (Bupati) kepada Ibu, boleh bebas beraktifitas, tapi tidak melupakan kodrat sebagai perempuan,” ulasnya.

Dan Ny.Vita Indra Catri justru berharap, kedepan peran kaum perempuan, khususnya di kabupaten Agam harus lebih maksimal, karena banyak hal yang harus dilakukan dan butuh peran dan olahan tangan-tangan luar biasa kaum perempuan.

Persoalan penting untuk daerah ini, adalah mendorong kemajuan, kesejahteraan dan upaya mengembangkan beragam potensi daerah yang selama ini belum tergarap dengan baik, “ itu sebabnyak, melalui berbagai organisasi yang ibu geluti, mulai dari dasawisma, HIMPAUDI, PKK, BKMT, dan berbagai organisasi lain, peran kaum perempuan sangat menonjol, dan harus lebih dikedepankan, karena akan sangat menentukan kemajuan daerah ini, kabupaten Agam tercinta, “ ujar Ny.Vita Indra Catri lagi.

Penulis   : Jaswit

Editor    : Harmen

To Top