Kaba Terkini

Jalan Usaha Tani Koto Rantang Digarap Warga

Palupuah, KABA12.com — Untuk memacu pertumbuhan dan mendorong kemajuan kampuang dan mempermudah akses jalan usaha tani, niniak mamak bersama masyarakat jorong Mudiak Palupuah Nagari Koto Rantang Kecamatan Palupuah gelar goro massal pelebaran jalan setapak untuk pemukiman dan jalan usaha tani, Kamis (03/08).

Wali Jorong Mudiak Palupuah, Agus Parta Wijaya kepada Harry awak KABA12.com mengatakan pelebaran jalan menuju pemukiman dan jalan usaha tani  sepanjang 2.5 KM mengunakan excavator. Jalan ini merupakan akses menuju pemukiman dan akses menuju perkebunan masyarakat.

“Setidaknya dana yang dihabiskan untuk pelebaran jalan ini  sekitar Rp. 50 juta ,  memanfaatkan dana  kas niniak mamak nan baranam Jorong Mudiak Palupuah dan  swadaya masyarakat setempat.

Wali Jorong Mudiak Palupuah Agus Parta Wijaya disela goro menyebutkan pelebaran ruas jalan itu sangat diharapkan masyarakat dimana warga berpartisipasi aktif dengan mengikhlaskan tanaman terimbas oleh material pelebaran jalan dan tidak meminta ganti rugi dan masyarakat yang terkena dampaknya sudah mengikhlaskan untuk kegiatan itu.

Sementara, tokoh masyarakat setempat B. Datuak Sati mengatakan bahwa jalan ini sangat bermanfaat , Ia bersama niniak mamak yang tergabung kedalam Niniak Mamak Nan Baranam Jorong Mudiak Palupuah  berencana setelah pembukaan jalan ini akan  minta anak kemenakannya untuk menanami pohon pinang disepanjang jalan.

” Jika pohon pinang dipanen hasilnya akan dijadikan uang kas untuk pemeliharaan jalan tersebut,” jelasnya.

(Harmen / Harry)

To Top