Kaba Terkini

Hujan Lebat Guyur Lubukbasung, Kabut Asap Makin Parah

Lubukbasung, kaba12.com — Setelah lebih dari 3 pekan tidak turun hujan, Jumat, (20/9) dini tadi hujan lebat mulai mengguyur wilayah Barat kabupaten Agam khususnya Lubukbasung.

Namun, walau hujan lebat, kabut asap justru makin tebal menyelimuti permukaan udara di wilayah ini sehingga makin menguatirkan masyarakat. Pasalnya sejak Jumat pagi, kabut asap kian tebal, bahkan lebih parah dari biasanya.

Kondisi ini, dibenarkan Kasi.Logistik BPBD Agam Mairizal, menjawab kaba12.com di kantor BPBD Agam Jumat.

Disebutkan, dampak asap kiriman dari propinsi Riau dan Jambi, makin menguatirkan, dibuktikan, pasca hujan lebat justru kabut asap makin bertambah tebal,”kondisi ini makin menguatirkan warga, “ sebutnya.

Untuk mengantisipasi dampak kabut asap bagi kesehatan masyarakat, tim BPBD Agam beberapa hari terakhir sudah menyebarkan masker ke berbagai lokasi, terutama di kawasan yang kini terimbas kabut asap cukup parah.

Bahkan, disebutkan Mairizal, pihaknya bekerjasama dengan berbagai kalangan, termasuk dengan Ikatan Wartawan Online (IWO) kabupaten Agam untuk membagi-bagikan masker gratis untuk masyarakat di kawasan perkampungan, termasuk kawasan pinggiran kota.

“ Kita konsentrasikan tambahan pembagian masker untuk masyarakat yang berada di pelosok, terutama anak-anak sekolah, petani, buruh dan unsur lainnya, kita masih laksanakan pembagian masker untuk masyarakat, “ ulas Mairizal.

HARMEN

To Top